PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN / PENGGUNA JASA KERETA API DI STASIUN KERETA API DAOP II BANDUNG
Pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia saat ini sangatlah pesat, dengan
meningkatnya jumlah penduduk maka akan mengakibatkan peningkatan mobilitas
penduduk sehingga muncul permasalahan transportasi. Kereta api merupakan salah
satu sarana transportasi massal yang bisa menjadi solusi masalah transportasi.
Stasiun merupakan sarana yang vital dalam industri jasa transportasi
perkeretaapian, karena di stasiunlah proses pelayanan pertama kali dilakukan
kepada konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan dan sikap konsumen di stasiun Bandung terhadap kepuasan pengguna
jasa kereta api.
Metode yang digunakan pada penelitian ini metode analisis deskriptif dan
verifikatif, data diperoleh melalui kuisioner dan observasi dilapangan, sampel yang
digunakan sebagai responden yaitu sebesar 100 responden, metode analisis yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian berupa tanggapan responden mengenai kualitas pelayanan,
sikap konsumen dan kepuasan pelanggan, dim ana pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan didapatkan hasil sebesar 31% dan sikap konsumen terhadap
kepuasan didapatkan hasil sebesar 13%, adapun pengujian hipotesis secara simultan
dan parsial didapatkan hasil bahwa seluruh hipotesis (Hi) diterima untuk variabel
kualitas pelayanan dan sikap terhadap kepuasan secara simultan maupun parsial.
No copy data
No other version available