MODEL KNOWLEDGE MANAGEMENT STUDI KASUS PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Studi ini meneliti tentang perancangan knowledge management, dimana knowledge
sebagai aset organisasi yang sangat berharga, dimana dewasa ini organisasi -organisasi
menempatkan knowledge sebagai sumber daya penggerak organisasi untuk menjadikan
organisasi yang kompetitif dan berdaya saing. Adanya rotasi, mutasi dan pensiun serta
kesenjaogan antara penguasaan dengan tingkat kepentingan terhadap knowledge penting
organisasi dimana hanya dimiliki oleh sebagian kecil individu, berpotensi menjadi salah satu
penyebab terhambatnya pencapaian tujuan organisasi. Perancangan ini bertujuan untuk
menghasilkan rancangan knowledge management yang selaras dengan strategi organisasi dan
mengatasi permasalahan berkaitan dengan knowledge organisasi.
Metode penelitian ini menggunakan tahapan perancangan knowledge management
berdasarkan 10 road map knowledge management. Penelitian ini menghasilkan rancangan
model knowledge management dimana harus ada empat unsur yang terintegrasi pada model
ini, yaitu : SDM (manusia) ; dibentuknya tim knowledge officer (Tim KM) yang terdiri dari
chief knowledge officer (CKO), knowledge officer (KO), knowledge steward (KS) dan
operator officer (00) ; Isi (content) : bernpa data base informasi berkaitan dengan knowledge
penting organisasi, hasil dari penganalisaan knowledge gap dan analisa tingkat kepentingan
serta penyelarasan knowledge dengan strategi organisasi ; Teknologi : teknologi informasi
yang digunakan adalah jaringan berbasis internet dengan sistem aplikasi OwnCloud dan
Proses; model penciptaanpengetahuan menggunakan model SECI dari Nonaka (1991) yang
terintegrasi kepada sistem, serta aturan kebijakan dari pimpinan organisasi untuk mendukung
pelaksanaan knowledge management.
No copy data
No other version available