PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP PREFERENSI MEREK KONSUMEN STUDI DI RESTORAN ABUBA STEAK DAN SUIS BUTCHER CABANG SETIABUDI BANDUNG
Anak Agung Sagung Mira Pramasari, Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap
Preferensi Merek Konsumen Studi di Restoran Abuba Steak dan Suis
Butcher Ca bang Setiabudi Bandung, dibawah bimbingan Prof. Dr. Dwi Kartini
Yahya, SE., Spec. Lic dan Diana Sari, SE., M.Mgt., Ph.D
Perkembangan jumlah industri restoran dikota Bandung yang semakin
meningkat menimbulkan peningkatan persaingan antar entitas-entitas restoran dari
berbagai merek yang menyediakan produk yang sama dalam meraih pangs a pasar
konsumen yang lebih besar melalui konsumen yang memiliki preferensi yang
tinggi terhadap merek restoran mereka dimana konsumen lebih menyukai merek,
merasa tertarik terhadap merek dan cenderung akan memilih merek restoran
tertentu sehingga dapat menimbulkan peningkatkan keuntungan pemsahaan
melalui peningkatan konsumen yang mengunjnngi restoran, sehingga rnasing-
. masing merek restoran bemsaha meningkatkan kinerja pemasaran mereka
dibandingkan merek pesaingnya. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan
adalah melalui peningkatan kinerja ekuitas merek. Ekuitas merek adalah nilai
tambah yang diberikan kepada barang dan jasa yang dapat tercermin dari cara
konsumen berpikir, merasa, bertindak dengan rasa hormat terhadap merek sama
halnya dengan harga, pangsa pasar, dan profitablitas yang diberikan merek
kepada pemsahaan . Dimensi ekuitas merek yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kesadaran merek, asosiasi merek, kinerja yang dirasakan atas kualitas
merek dan loyalitas merek..
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek
meliputi kesadaran merek, asosiasi merek, kinerja yang dirasakan merek dan
loyalitas terhadap preferensi merek konsumen di restoran Abuba Steak dan Suis
Butcher Cabang Setiabudi Bandung dan mengungkap keunggulan serta
kelemahan dari kinerja dimensi ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi
merek, kinerja yang dirasakan merek dan loyalitas merek pada restoran Abuba
Steak dan Suis Butcher Cabang Setiabudi Bandung agar kedepannya dapat
membuat strategi pemasaran yang tepat untuk meraih pangsa pasar konsumen
yang lebih tinggi dan meningkatkan profitabilitas pemsahaan
Penelitian ini menggunakan metode survei melalui kuesioner terhadap
konsumen yang pemah mencoba restoran Abuba Steak dan Suis Butcher cabang
setiabudi Bandung dengan jumlah sample 100 orang . Teknik penarikan sampel
yang digunakan adalah purposive sampling dengan judgment sampling data
penelitian meliputi data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data
yang dilakukan adalah melalui kuesioner dan wawancara. Metode analisis data
yang digunakan adalah metode verifikatif melalui analis.is jalur dan metode
deskiptif melalui semantic differential.
Hasil penelitian menujukkan bahwa dimensi ekuitas merek meliputi
meliputi kesadaran merek, asosiasi inerek, kinerja yang dirasakan atas kualitas
merek dan loyalitas merek memiliki pengaruh pengaruh positif baik secara
simultan dan parsial terhadap preferensi merek konsumen pada Abuba Steak dan
merek Suis Butcher cabang Setiabudi Bandung, Dari keempat dimensi ekuitas
merek, loyalitas merek memiliki pengaruh paling signifikan terhadap preferensi
merek konsumen diikuti oleh dimensi kinerja yang dirasakan atas kualitas merek
m erek , asosiasi merek dan kesadaran merek pada Abuba Steak dan merek Suis
Butcher cabang Setiabudi Bandung . Suis Butcher diketahui memiliki pengaruh
lebih kuat pada dimensi kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas merek
terhadap preferensi merek konsumen sedangkan Abuba Steak memiliki pengaruh
yang lebih kuat pada dimensi kinerja yang dirasakan atas kualitas merek terhadap
preferensi merek konsumen. Secara keseluruhan Suis Butcher memiliki ekuitas
merek yang lebih unggul daripada Abuba Steak . Suis Butcher memiliki kinerja
dimensi kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas yang lebih unggul daripada
Abuba Steak. Sedangkan Abuba Steak memiliki dimensi kinerja yang dirasakan
atas kualitas merek yang lebih unggul daripada Suis Butcher. Secara keseluruhan
preferensi merek konsumen terhadap Suis Butcher lebih unggul daripada merek
Abuba Steak.
No copy data
No other version available