PENGARUH KUALITAS JAMINAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN
Penelitian ini dilakukan di poliklinik PT. Maxi Aurum Sejahtera yang merupakan
perusahaan swasta di kota Sukabumi yang bergerak di bidang pelayanan
kesehatan khusus untuk karyawan dan keluarga karyawan yang bekerja di PT.
Glostar Indonesia, dengan tujuan untuk mengetahui faktor yang dapat
mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.
Metode yang dipakai menggunakan pendekatan cross sectional, pengambilan
sampel menggunakan teknik simple random sampling , sedangkan instrumen
penelitian menggunakan kuesioner. Analisa penelitian menggunakan metode
SEM ( Structural Equation Models berbasis varian atau komponen, yaitu PLS
(Partial Least Square).
Hasil penelitian didapatkan adanya hubungan yang signifikan dan paling
berpengaruh antara variabel daya tanggap (responsiveness) dan empati (empathy)
dengan kepuasan pelanggan di poliklinik Maxi Aurum Sejahtera Sukabumi.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah faktor yang mempengaruhi
tingkat kepuasan pelanggan di poliklinik Maxi Aurum Sejahtera Sukabumi adalah
bukti fisik (tangibles), reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance) dan empati (empathy), dengan faktor daya tanggap
(responsiveness) dan empati (empathy) merupakan faktor yang paling
berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan.
No copy data
No other version available