KINERJA STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI (survey pada INSTITUT TEKNOLOGI HARAPAN BANGSA, BANDUNG)
Pendidikan adalah hal yang penting dalam semua faktor. Keputusan mahasiswa
dalam memilih perguruan tinggi dipengaruhi oleh bauran pemasaran, yaitu produk,
harga, lokasi, promosi, orang, proses dan pendukung fisik. Penelitian ini bertujuan
untuk (1) menggambarkan bagaimanakah strategi bauran pemasaran jasa dan
keputusan memilih perguruan tinggi; dan (2) memperlihatkan pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan mahasiswa memilih perguruan tinggi pada Institut
Teknologi Harapan Bangsa, Bandung. Penelitian dilakukan terhadap 298 orang
mahasiswa aktif yaitu dengan menggunakan kuisioner. Secara keseluruhan gambaran
dari bauran pemasaran jasa di Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung dianggap
baik oleh responden, dan variabel Promosi mendapatkan skor paling tinggi yaitu
76,52%. Hasil uji F hitung (65,235) lebih besar dari F tabel (2,041) maka Ho ditolak,
artinya bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan berkuliah. Sedangkan secara parsial variabel produk, harga, promosi dan
pendukung fisik merupakan variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan mahasiswa memilih Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung sebagai
temp at mereka berkuliah.
No copy data
No other version available