RANCANGAN MODUL PENINGKATAN KEMAMPUAN SELECTIVE ATTENTION PADA ANAK YANG MENGALAMI GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN (GPP) : Uji Coba terhadap Modul Peningkatan Kemampuan Selective Attention melalui Media Kartu Warna Hitam, Merah, Biru, dan Hijau pada Anak Usia 8 Tahun yang Mengalami Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)
Laurens Julian Iglesia Anthoni. 190420110052. Rancangan Modul
Peningkatan Kemampuan Selective Attention pada Anak yang Mengalami
Gangguan Pemusatan Perhatian (GPP)- Uji Cob a terhadap Modul Peningkatan
Kemampuan Selective Attention melalui Media Kartu Warn a Hitam, Merab, Biru,
dan Hijau pada Anak Usia 8 Tabun yang Mengalami Gangguan Pemusatan
Perhatian (GPP).
Pembimbing : Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd dan Esti Wungu, S.Psi., Psi., M.Ed
Masalah atensi sering menjadi keluhan ketika anak-anak duduk di kelas 3
SD, yang rata-rata berusia 8 tahun. Keluhan banyak terjadi karena tuntutan belajar
semakin tinggi. Berdasarkan tugas perkembangan, anak usia 8 tahun harus mampu
berkonsentrasi maksimal selama 24-40 menit. Anak harus memiliki kemampuan
untuk mengabaikan distraksi agar dapat berkonsentrasi sesuai dengan tuntutan.
Tetapi, di SD TH dan SD BP terdapat anak dengan Gangguan Pemusatan
Perhatian (GPP) dengan gejala utama mudah sekali terdistraksi ketika proses
belajar mengajar di kelas berlangsung. Gejala mudah terdistraksi termasuk dalam
tipe selective attention (Flick, 1998).
Gejala tersebut memerlukan penanganan sehingga peneliti merancang
modul untuk meningkatkan kemampuan selective attention anak usia 8 tahun yang
mengalami GPP melalui media kartu warna hitam, merah, biru, dan hijau, yang
disajikan dalam bentuk game komputer bemama Bermain Kartu Warna (BKW)
selama 8 kali pertemuan. Lamanya game adalah 24 menit. Dalam game BKW,
akan dimunculkan kartu warna secara berpasangan, yang terdiri dari kartu target
(hitam-rnerah) dan kartu non-target (hitam-biru dan hitam-hijau). Penelitian ini
menggunakan pendekatan psikoedukasi guna meningkatkan self-awareness.
Tujuannya ialah anak menyadari perilakunya yang kurang efektif dan
mengubahnya menjadi lebih efektif.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
desain single-subject, randomized, time-series design. Pengukuran kemampuan
selective attention dilakukan dengan menggunakan stroop color test. Subyek
dalam penelitian ini adalah 2 orang anak berusia 8 tahun dan mengalarni GPP.
Dari hasil analisa kuantitatif dan kualitatif, didapat hasil bahwa permainan
BKW memberikan dampak pada peningkatan kemampuan selective attention anak
usia 8 tahun yang mengalami GPP.
No copy data
No other version available