RANCANGAN SISTEM PELATIHAN KARYAWAN CUSTOMER SERVICE DI GALERI INDOSAT BANDUNG
Penerapan yang efektif dari pelatihan yang strategis membutuhkan proses
pelatihan yang sistematis. Tahapan dari proses pelatihan tersebut adalah penilaian,
perancangan, penyampaian, dan evaluasi. Ada 5 poin dari KPI (Key Performance
Indicators) yang menjadi alasan mendasari perancangan yaitu Discipline,
Personal & Standar, Customer Opinion, Selling, dan Product Knowledge. Tujuan
penelitian itu adalah mengetahui dan menganalisis kesesuaian antara sistem
pelatihan yang sudah diterapkan, mengetahui kelemahan sistem pelatihan, dan
merancang sistem pelatihan yang tepat untuk diterapkan pada karyawan customer
service di Galeri Indosat Bandung.
Jenis anaIisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif karena peneliti berhubungan dengan sebuah
perusahaan yang berurusan dengan individu dan masyarakat disekitarnya.
Penelitian dilakukan kepada 5 orang staf dan 30 orang customer service yang
mengikuti pelatihan pada kurun waktu 1 tahun yaitu bulan Juli 2013-Juli 2014.
Dari penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian yaitu (1)
tidak ada tahap analisis kebutuhan pelatihan, (2) tidak ada tahap evaluasi pelatihan
(3) penambaban materi pelatihan. Selain itu untuk mengatasi permasalahan itu
peneliti merekomendasikan usulan rancangan pelatihan dengan memasukkan
tahapan analisis dan evaluasi serta penambahan pelatihan discipline, English for
customer service, dan selling bagi Galeri Indosat Bandung untuk lebih efektif
dalam mempersiapkan karyawan customer servicenya.
No copy data
No other version available