PENJUALAN TATAP MUKA DAN PEMASARAN KERELASIAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN YAMAHA CABANG SOREANG
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh secara simultan dan
parsial antara penjualan tatap muka dan pemasaran kerelasian terhadap loyalitas pelanggan pada
Yamaha MM Motor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif untuk mengetahui nilai variable atau
lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variable lain dan verifikatif
untuk mengetahui antar dua variabel atau lebih. Metode analisis yang digunakan adalah analisis
jalur. Sumber data diperoleh melalui data primer yang terdiri dari observasi, kuesioner, dan
wawancara serta data sekunder yang terdiri dari internet, majalah dan artikel. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebesar 100 responden yang merupakan pelanggan Yamaha di Soreang dan
Banjaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi persentasi, pendekatan, mengatasi keluhan
dan tindak lanjut dan pemeliharaan hubungan dari armada penjual tatap muka dinilai mampu
atau baik oleh pelanggan. Dimensi pemasaran kerelasian yaitu identifikasi, differensiasi,
interaksi dan penyesuaian produk dan jasa dinilai baik oleh pelanggan. Dan dimensi loyalitas
pelanggan yaitu pembelian ulang, mereferensikan produk, dan kekebalan terhadap pesaing
dinilai baik dan tinggi oleh pelanggan.
Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan melalui analisis jalur menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang tinggi antara penjualan tatap muka dan pemasaran kerelasian terhadap
loyalitas pelanggan Yamaha pada PT Yamaha MM Motor sebesar 54,5%.
No copy data
No other version available