Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow : Studi Mengenai Perancangan Dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan Regulasi gerak melalui Latihan Gerak Shadow Pada Anak Usia 9 Tahun Yang Mengalami Attention Deficit- Hyperactivity Disorder (ADHD)
Saat anak memasuki sekolah maka diharapkan mereka sudah dapat
memfokuskan atensi, mengontrol diri, mampu mengatur diri dan mampu
mengarahkan diri pada tujuan sehingga mereka dapat menyelesaikan tugas dan
mampu menerima informasi atau materi yang disampaikan dengan baik oleh guru.
Tuntuan tersebut sui it untuk dipenuhi oleh anak ADHD karena mereka memiliki
kekurangmampuan untuk mengontrol dirinya dalam melakukan kegiatan sehingga
tugas-tugas yang mereka lakukan menjadi tidak efektif. Pada akhimya output
yang dihasilkan ialah anak menjadi tidak paham dengan apa yang disampaikan
oleh guru atau tidak mampu menyelesaikan tugas. Kondisi ini mendorong peneliti
untuk menyusun penangangan yang dapat membantu anak agar dapat memenuhi
tuntutan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu modul latihan
gerak "shadow" untuk meningkatkan kemampuan regulasi gerak pada anak usia 9
Tahun yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
Modul latihan gerak shadow ini disusun secara sistematis dengan
menggunakan metode psikoedukasi. Serangkaian aktivitas gerak dilakukan
meniru gerakan pelatih secara perlahan selama 20 detik dan bertahap dimulai dari
berjongkok hingga berdiri disertai gerakan, kemudian dilanjutkan secara perlahan
kembali mengulang rangkaian gerak dari berdiri sampai berjongkok kembali .
. Serangkaian aktivitas gerak ini dilakukan secara berulang sebanyak 2 set, dengan
repetisi sebanyak 10 kali per set. Aktivitas ini diberikan secara berulang sebanyak
8 kali dengan menggunakan umpan balik untuk menurunkan frekuensi gerak 'tidak
terarah yang diukur pada saat belajar di kelas.
Rancangan penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan
desain Single Subject Research : A-B-A-B Reversal Designs. Pengukuran
kemampuan regulasi gerak dilakukan dengan menggunakan panduan observasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah 1 anak yang berusia 9 tahun dan mengalami
ADHD.
Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan membaca hasil
pengukuran di setiap fase yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil pengujian
tersebut adalah pelatihan regulasi gerak melalui latihan gerak shadow yang telah
dirancang dapat meningkatkan kemampuan regulasi gerak pada anak usia 9 Tahun
yang mengalami Attention Deficit - Hyperactivity Disorder (ADHD).
No copy data
No other version available