PENGARUH INOVASI JASA DAN HARGA TERHADAP NILAI YANG DIRASAKAN PASIEN DI STROKE CENTER RS AL ISLAM BANDUNG
Pada era globalisasi ini, rumah sakit sebagai salah satu perusahaan yang
bergerak dibidang kesehatan sangatlah perlu memfokuskan pada penerapan inovasi
dan harga jasa pelayanan untuk meningkatkan posisi kompetitifnya baik di pasar
domestik atau intemasional. Peningkatan nilai yang dirasakan akan meningkatkan
kepuasan dan loyalitas pasien. Stroke merupakan penyebab nomor satu kecacatan
pada pasien dan termasuk sepuluh penyakit terbanyak di bagian neurologi rumah
sakit. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh inovasi jasa dan harga
pada nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS AI Islam Bandung. Penelitian
ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan survei. Waktu
penelitian adalah bulan November-Desember tahun 2015. Populasi dan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pasien Stroke Center RS Al Islam Bandung.
Jumlah sampel adalah 256 responden dan dikumpulkan dengan teknik accidental
samping. Alat pengambil data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara.
Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SEM (structural equation
modelling) dengan LISREL versi 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat
pengaruh positif yang secara statistik bermakna (kategori kekuatan sedang) dari
variabel inovasi jasa dan harga terhadap nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center
RS AI Islam Bandung secara parsial sebesar 20,25% (t hitung 2,20 dan 1,98 >
tabel=I,98 dan u=0,05) dan secara simultan sebesar 44,3% (F=O,OOI
No copy data
No other version available