PENGARUH SERVICE CLIMATE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN : ?Studi Pada Pegawai Bidang Perizinan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan?
Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) merupaxan oagian rerpennng
"lug memoenkan perizinan untuk menghasilkan rencana pembangunan dalam
J:1gKa. panJang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur
penyelenggara pemerintahan di Kota Bandung dengan melibatkan masvarakat.
BPPT memberikan oelavanan lanasunz kenada masvarakat dan nelavanankenada
.•. _" -:....r '-" "'- ~" ~
masyarakat tersebut dilakukan oleh pegawai bidang perizinan. Para pegawai
~dang perizinan bertemu dengan masyarakat secara langsung sehingga citra
ziereka dan organisasi akan ditentukan oleh kuaiitas pelayanan yang diberikan
oleh pegawai bidang perizinan. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi
kualitas pelayanan para pegawai bidang perizinan , salah satunya adalah persepsi
pegawai bidang perizinan terhadap service climate. Service climate adalah
persepsi karyawan dalam organisasi terhadap kebijakan, praktik, dan prosedur
dalam organisasi yang mendukung dan memberikan service excellence. Hal ini
membuat peneliti tertarik untuk melihat pengaruh antara service climate terhadap
kualitas pelayanan pegawai bidang perizinan.
Penelitian dilakukan pada pegawai bidang perizinan yang berjumlah 57
orang dengan menggunakan metode survei. Variabel bebas penelitian ini adalah
service climate dengan empat dimensi yaitu Service Leadership, Service
Encounter, Service System, dan Human Resources Managemenet. Variabe'
terikatnya adalah kualitas pelayanan yang terdiri dari lima dimensi yaitu tangible,
reliability, responsivness, assurance, dan emphaty.
Hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis regresi linear
sederhana. Hasil menunjukkan bahwa service climate memiliki pengaruh secara
simultan terhadap kualitas pelayanan dan dimensi terkuat adalah service systen.,
Pad a dimensi kualitas pelayanan reliability merupakan dimensi tertinggi dan
'angible merupakan dimensi terendah. Dari hasil penelitian dirancang program
intervensi untuk meningkatkan dan memelihara kualitas pelayanan pada pegawai
bidang perizinan di BPPT Kota Bandung yaitu training bagi para pegawai bidang
penzman
No copy data
No other version available