PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MARIA WALANDA MARAMIS MINAHASA UTARA
Untuk mengetahui kinerja kualitas pelayanan rumah sakit terhadap kepuasan
pasien maka diperlukan pengukuran yang dapat mengevaluasi kualitas pelayanan
yang telah diberikan rumah sakit. Pada awal pelaksanaan SJSN ini banyak sekali
permasalahan dan keluhan yang timbul dari konsumen (pasien), karena itu
manajemen rumah sakit perlu mengevaluasi kualitas pelayanan yang telah
diberikan kepada pasien BP JS yang mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan pasien peserta
BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda
Maramis Minahasa Utara, serta menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang
meliputi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible baik secara
bersama-sama maupun sendiri-sendirilparsial terhadap kepuasan pasien peserta
BPJS di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda
Maramis Minahasa Utara. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif dengan
metode survey. Sebanyak 100 kuisioner diberikan kcpada pasien di instalasi rawat
jalan yang mernenuhi kriteria inklusi. Pengujian hipotesis menggunakan path
analysis dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien peserta BP JS di Instalasi Rawat
Jalan RSUD Maria Walanda Maramis Minahasa Utara dinilai tinggi oleh
responden. Kelima dimensi kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien dan secara parsial, hanya dimensi tangibles
yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Pengaruh terbesar dimensi
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien adalah tangibles, diikuti oleh
responsiveness, empathy, reliability dan assurance.
No copy data
No other version available