RANCANGAN PROGRAM PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY NEGOSIASI PADA SISWA SMK Sebuah Rancangan Pelatihan untuk Meningkatkan Self Efficacy Negosiasi Pada Siswa Jurusan Pemasaran Kelas XI (Angkatan 2011) SMKN 1 Bandung
Syarvia. 2013. Rancangan Program Pelatihan untuk Meningkatkan Self Efficacy
Negosiasi pada Siswa SMK.
Pembimbing: Dr. Hj. Hendriati Agustiani, M. Si. & Drs. Sudanno Wiyono, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan program intervensi
untuk meningkatkan self efficacy negosiasi pada siswa SMK. Program intervensi
berupa pelatihan untuk meningkatkan self efficacy dalam bemegosiasi yang
dirancang dengan mengacu pada konsep teori self efficacy dari Albert Bandura dan
negosiasi dari David W. Johnson, Frank P. Johnson dan David Goldwich. Subjek
penelitiannya adalah siswa SMKN 1 Bandung jurusan pemasaran angkatan 2011,
yaitu 18 siswa (17 perempuan dan 1 laki-laki).
Rancangan program pelatihan disusun dan dikembangkan dengan mengacu
pada aspek self efficacy 'strength' dan negosiasi. Rancangan pelatihan dilakukan
dengan menerapkan model belajar experiential learning. Materi pelatihan disusun
menjadi 2 aktivitas utama untuk meningkatkan self efficacy dalam negosiasi yaitu
'our business & making a profit '. Efektivitas dari pelatihan ini dapat dilihat dari
peningkatan kategori self efficacy dari subjek penelitian dengan menggunakan alat
ukur self efficacy negosiasi, observasi perilaku dan evaluasi reaksi terhadap
pelatihan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan
desain penelitian untreated control group design with dependen pretest and
posttest sample, yaitu menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen
untuk melihat perubahan self efficacy setelah mengikuti program pelatihan. Hasil
uji T-Test menunjukkan adanya peningkatan yang tidak signifikan pada kategori
self efficacy negosiasi setelah mengikuti program pelatihan. Secara statistik hasil
tersebut menunjukkan bahwa aktivitas-aktivitas yang dirancang untuk
meningkatkan self efficacy negosiasi belum efektif untuk meningkatkan self
efficacy negosiasi pada siswa jurusan pemasaran SMKN 1 Bandung. Secara
kuantitatif dan hasil observasi selama pelatihan menunjukkan adanya peningkatan
self efficacy negosiasi dari aspek komunikasi, strategi dan relasi dan penurunan
aspek emosi pada subjek yang mengikuti pelatihan. Aspek enactive mastery
memberikan pengaruh yang paling besar, kemudian vicarious learning dan verbal
persuassion pada peningkatan self efficacy negosiasi, serta aspek emotional
arousal yang cukup mempengaruhi penurunan self efficacy negosiasi.
No copy data
No other version available