PRESENTASI DIRI DOSEN LAJANG (Sebuah Studi Dramaturgi Tentang Komunikasi Verbal dan Nonverbal Dosen Lajang di Kota Pekanbaru)
Tika Mutia, NPM 210120110009. Presentasi Diri Dosen Lajang (Sebuah
Studi Dramaturgi tentang Komunikasi Verbal dan Nonverbal Dosen Lajang di
Kota Pekanbaru). Tesis Program Pendidikan Magister Ilmu Komunikasi Fakultas
Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Bandung tahun 2012.
Tesis ini bertujuan untuk dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang
presentasi diri secara verbal dan nonverbal seorang tenaga pendidik yang
berprofesi sebagai dosen yang dalam hal ini tidak terikat dengan status pemikahan
dalam aktivitas di dalam dan di luar lingkungan kampus.
Dalam metode penelitian, penulis menggunakan metode kualitatif dengan
paradigma interpretif. Pendekatan yang digunakan adalah melalui pendekatan
dramaturgi. Informasi penelitian didapatkan terutama melalui sumber primer
dengan observasi di lapangan dan wawancara. Wawancara terhadap beberapa
informan dosen lajang dengan kriteria tertentu yang nantinya kemudian akan
diambil suatu temuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi diri pada aktivitas
komunikasi verbal dan nonverbal dosen lajang berbeda. Presentasi diri yang
berbeda tidak bergantung pada tempat melainkan, ruang-ruang dengan konteks
formal dan informal dosen lajang tersebut. Ada 4 panggung dramaturgi dosen
lajang. Panggung depan, panggung kanan, panggung kiri dan panggung belakang.
Panggung depan dosen lajang adalah di dalam kampus dalam konteks formal,
panggung kanan adalah di luar kampus namun, tetap formal. Kemudian Panggung
kiri dosen lajang adalah di dalam kampus namun konteksnya informal, sedangkan
panggung belakang juga bersifat informal tetapi terjadi di luar kampus. Presentasi
diri secara verbal dan nonverbal dosen lajang ditipikasikan menjadi 2 (dua) yakni,
presentasi diri dosen lajang wanita dan pria. hal ini lebih dikarenakan terdapat
perbedaan simbol-simbol komunikasi yang ditampilkan oleh para dosen lajang
tersebut.
No copy data
No other version available