RANCANGAN PELATIHAN TEKNIK DTT BAGI IBU YANG MEMILIKI ANAK ASD LEVEL MILD
Penelitian yang berjudul Rancangan Pelatihan Teknik DTT Bagi Ibu yang
Memiliki Anak ASD Level Mild. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk
meningkatkan pengetahuan ibu sampai tahap mengaplikasikan pengetahuan
teknik DTT. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang ibu rentang usia 30
sampai 46 tahun, dengan tingkat pendidikan minimal SMU yang memiliki anak
ASD level mild. Pelatihan ini terdiri dari empat tahapan studi, yaitu pertama
merancang pelatihan berdasarkan teori ASD, teknik DTT, dan tahapan perilaku
initiating joint attention yang terdiri dari: share gaze, alternate gaze, pointing,
showing, dan giving yang merupakan indikator tahapan perilaku initiating joint
attention dalam Early Social Communiation Scale (Mundy & Hogan, 1996;
Charman, 1977; Mundy & Gomes, 1998). Kedua, melakukan review terhadap
rancangan pelatihan yang dilakukan oleh expert, hasil yang diperoleh berupa
perubahan pada materi, metode, bahasa dan alat ukur yang digunakan. Ketiga,
melakukan ujicoba pertama rancangan pelatihan pada subjek yang memiliki
karakteristik mirip dengan subjek penelitian. Keempat, melakukan ujicoba
terhadap rancangan pelatihan pada subjek terbatas. Pengaruh pelatihan terhadap
peningkatan pengetahuan diuji dengan menggunakan pendekatan Quasi
Experimental Design menggunakan One Group Pretest-Posttest. Peningkatan
pengetahuan dilihat melalui perubahan skor pada kuesioner pengetahuan dilihat
melalui perubuhan skor pada kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil
penelitian ini merupakan rancangan pelatihan yang dapat mencapai tujuan dalam
domain kognitif: pengetahuan, pemahaman, dan pengaplikasian pengetahuan.
No copy data
No other version available