PERANCANGAN DAN UJI COBA PELATIHAN PENINGKATAN SELECTIVE ATTENTION MELALUI PERMAINAN KUMPULKAN BOLA MERAH
MEITA NISA HANDINI: Peraneangan dan Uji Coba Pelatihan Peningkatan
Selective Attention Melalui Permainan Kumpulkan Bola Merab
Pembimbing:
Prof. Dr. Juke R. Siregar, M.Pd & Dra. Tutty I Sodjakusumab, M.Se., M.Litt
Anak yang mengalami GPP pada umumnya mudah terdistraksi oleh
banyak hal yang sering kali tidak berkaitan dengan tugas yang harus dikerjakan.
Hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan baik dalam hal akademik maupun
kehidupan sosialnya. Kondisi anak GPP yang mudah terdistraksi menunj ukkan
bahwa anak memiliki kemampuan selective attention yang lebih rendah
dibandingkan dengan anak pada umumnya. Salah satu intervensi untuk
peningkatan atensi adalah program berbasis komputer atau computerized training
program yang bennanfaat bagi anak yang mengalami GPP, salah satunya untuk
meningkatkan selective attention.
Permainan "Kumpulkan Bola Merah" merupakan program komputer
untuk meningkatkan selective attention. Tugas anak dalam pennainan ini adalah
menekan space bar ketika muncul stimulus target yaitu gambar bola merah dan
tidak menekan space bar ketika muncul stimulus non target yaitu gambar bola
hijau, kuning, dan biru. Hal tersebut me1atih anak untuk: rnengatasi distraksi yang
mungkin muncul ketika anak mengerjakan tugas. Permainan ini dibuat dengan 3
kecepatan kemunculan stimulus yang berbeda mulai dari kemunculan yang lambat
sampai cepat. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan psikoedukasi untuk
menumbuhkan self-awareness anak dalam mengubah perilaku yang kurang efektif
menjadi lebih efektif. Pelatihan dilakukan selama 8 hari berturut-turut selama 30
menit yang dibagi menjadi 3 bagian, masing-masing berdurasi 10 menit
Penelitian dilakukan kepada seorang anak yang mengalami GPP usia 10
tahun dengan menggunakan rancangan Single Subject Desain tipe A-B-A.
Berdasarkan penelitian didapatkan kesimpulan bahwa pennainan Kumpulkan
Bola Merah dapat meningkatkan selective attention anak GPP usia 10 tahun yang
diukur menggunakan The Stroop Color Word Test. Hal tersebut terlihat dari skor
The Stroop Color Word Test pada fase baseline-I sebesar 68,5 dan pada tahap
baseline-2 sebesar 70,75. Hal tersebut menunjukkan adanya kenaikan rata-rata
The Stroop Color Word Test saat sebelum dan sesudah mendapatkan intervensi.
Ditinjau dari skor permainan Kumpulkan Bola Merah, mulai dari sesi pertama
hingga sesi terakhir cenderung meningkat. Dengan kata lain skor salah berupa
ommision dan commision error selama pelatihan berlangsung cenderung
mengalami penurunan. Artinya, kemampuan selective attention anak mengalami
peningkatan setelah mendapatkan program pennainan Kumpulkan Bola Merah.
No copy data
No other version available