PENGARUH TERPAAN IKLAN ONLINE TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA KEPADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Dalam era globalisasi perkembangan dunia usaha yang bersaing semakin ketat,
membuat perusahaan menggunakan berbagai macam cara untuk dapat menarik
minat konsumen. Tidak hanya bersaing dalam merebut kepercayaan konsumen,
tetapi juga bersaing dalam kinerja, dan penyesuaian teknologi. Para pelaku bisnis
semakin terpacu melakukan berbagai cara agar dapat bertahan dengan bisnis yang
mereka jalani. Langkah-langkah tersebut ditempuh agar produk yang dihasilkan
dapat terjual dan dibeli oleh konsumen secara berkesinambungan. Perusahaan yang
ingin memenangkan persaingan harus berusaha merebut pangsa pasar dengan cara
mengoptimalkan asset yang dimilikinya. Sehubungan dengan meningkatnya
pertumbuhan penduduk yang ada di Indonesia telah memacu adanya perkembangan
kebutuhan di dalam penyedia jasa layanan makanan. Hal ini mempengaruhi tingkat
keberagaman kebutuhan dalam jasa layanan makanan yang ditawarkan dalam
tingkat kuliatas, mutu dan penyajian. Dimana hal ini dikondisikan selain untuk
pemenuhan kebutuhan jasmani juga untuk pemenuhan faktor kepuasan manusia itu
sendiri.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui besamya pengaruh terpaan iklan online
D'Cost di facebook berdasarkan teori cognitive respons Belch and Belch 2004,
dimana dapat dilihat dalam teori ini melakukan pendekatan melalui 3 komponen
utama yaitu intensitas iklan (xi), isi pesan (X2) dan daya tarik iklan sebagai variabel
bebas (X) terhadap pengambilan keputusan dalam hal ini variabel terikat (Y).
Melalui sikap konsumen dalam hal ini sebagau variabel perantara atau intervening
(Z)
Dalam penelitian ini populasi ditentukan sebesar 633 orang, berdasarkan
member visited facebook D' Cost festival citilink bandung. Untuk penarikan sampel
digunakan rumus Taro Yamane dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga diperoleh
sebanyak 87 sampel. Penentuan sampel dilakukan dengan cara responden yang
mengunjungi D'Cost festival citilink bandung dan mengetahui iklan D'Cost di
facebook. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis jalur dengan terlebih
dahulu merubah skala data ordinal menjadi interval melalui teknik Method of
Successive Interval.
Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa secara simultan terpaan iklan
online (intensitas iklan, isi pesan, daya tarik iklan) pengaruh secara signifikan
terhadap pengambilan keputusan dalam memenuhi kebutuhan makan, melalui sikap
konsumen. Berdasarkan hasil analisis jalur, terpaan iklan berpengaruh baik secara
langsung maupun tidak langsung dengan pengambilan keputusan. Serta sikap
konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.
No copy data
No other version available