PERENCANAAN BISNIS BUTIK KEBAYA DI KOTA BANDUNG
Kebaya adalah busana yang digunakan oleh banyak wanita Indonesia,
berkembang dari penggunaannya dalam budaya dan tradisi di wilayah Jawa. Dalam
beberapa tahun terakhir, kebaya berkembang cukup pe sat, diantaranya ditandai
dengan tampilnya perancang busana kebaya yang semakin dikenal dengan desain
yang mengikuti perkembangan waktu. Hal ini semakin memperkaya keindahan
busana kebaya dan memperkuat posisi kebaya sebagai busana nasional wanita
Indonesia. Sejalan dengan perkembangan tersebut, peminat dan pengguna kebaya
juga semakin meluas. Pandangan bahwa busana kebaya hanya digunakan oleh wanita
dewasa semakin luntur seiring dengan terus meningkatnya minat kaum muda untuk
berbusana kebaya.
Dengan berkembangnya dunia berkebaya dan tingginya minat masyarakat
berbusana kebaya, adalah suatu peluang untuk mendirikan bisnis Butik Kebaya yang
jumlahnya saat ini masih cenderung terbatas. Penulis berusaha menangkap peluang
untuk merancang suatu perencanaan bisnis Butik Kebaya di Kota Bandung, sejalan
dengan status Kota Bandung yang dipandang sebagai "Kota Fashion" yang menjadi
barometer perkembangan busana di Indonesia. Penulis berpandangan bahwa
mendirikan bisnis ini di Kota Bandung adalah suatu perencanaan bisnis yang
memiliki potensi cukup tinggi untuk berkembang.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menyusun perencanaan bisnis yang dapat
dijadikan sebagai pedoman dalam rangka manajemen Butik Kebaya. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan
menggunakan analisis SWOT dan lE Matriks untuk menganalisis Iingkungan industri
kebaya. Perencanaan bisnis ini mencakup aspek pemasaran, operasional, sumber
daya manusia, dan keuangan yang kemudian dilakukan uji kelayakan perencanaan
bisnis dengan membandingkan data yang diperoleh dengan kriteria Timmons.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa bisnis ini layak untuk
dijalankan karena memenuhi kriteria perencanaan bisnis yang efektif berdasarkan uji
kelayakan bisnis model Timmons. Setelah dinyatakan bisnis ini layak untuk
dijalankan maka dapat diterapkan strategi implementasi untuk memperoleh suatu
perencanaan strategis.
No copy data
No other version available