KAJIAN MODEL BISNIS PADA EMPAT PERUSAHAAN BATIK DI KOTA CIMAHI DAN BANDUNG
KAJIAN MODEL BISNIS PADA EMPAT PERUSAHAAN BATIK
DI KOTA CIMAHI DAN BANDUNG
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis pada empat perusahaan
batik yang diteliti, menganalisis persamaan dan perbedaan model bisnis pada empat
perusahaan batik yang diteliti, serta menganalisis keterkaitan model bisnis pada empat
perusahaan batik yang diteliti dengan poJa umum yang ada. Model bisnis perusahaan
yang diteliti diaplikasikan ke dalam teori model bisnis kanvas (Osterwalder dan
Pigneur, 2013) .
Metode penelitian yang digunakan ini meliputi: a). Jenis penelitian deskriptif, b).
Penggunaan data kualitatif, c). Pendekatan studi kasus partisipasif, d). Teknik
pengumpulan data observasi, e). Metode pengumpulan data melalui wawancara
mendalam, observasi Jangsung dan dokumentasi, f). model analisis data menggunakan
analisis data interaktif, g). Validitas data menggunakan teknik triangulasi.
Sampel dalam penelitian ini adalah dua perusahaan batik di Cimahi (Lembur Batik
dan Batik Anggraeni), serta dua perusahaan batik di Bandung (Batik Hasan dan Batik
Komar) dengan subyek penelitian adalah pemilik atau manajer perusahaan. Alasan
pemilihan sampel dikarenakan perusahaan batik yang masih bertahan di Cimahi hanya
Lembur Batik dan Batik Anggraeni, sedangkan keduanya perlu pembanding
perusahaan sejenis yang lebih mapan di Bandung, yaitu Batik Hasan dan Batik Komar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat perusahaan batik skala kecil yang
diteliti memiliki model bisnis yang direncanakan, ada yang bersifat lisan, dan ada
yang tertulis, namun tidak terpaku pada teori model bisnis tertentu. Semua elemenĀ
elemen model bisnis perusahaan batik yang diteliti dapat diaplikasikan ke dalam
eJemen-eJemen model bisnis kanvas dan dapat dikombinasikan dengan elamen-elemen
dari pola umum yang ada, sehingga dapat menciptakan inovasi model bisnis ke
depannya. Perusahaan batik yang diteliti di Bandung (Batik Hasan dan Batik Komar)
memiliki beberapa keunggulan elemen-elemen model bisnis dibandingkan
perusahaaan batik yang diteliti di Cimahi (Lembur Batik dan Batik Anggraeni).
No copy data
No other version available