STUDI KOMPARATIF KINERJA BAURAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS GIGI DAN MULUT dan RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT FKG UNPAD BANDUNG
Penelitian ini pada dasamya bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji
lebih dalam bagaimana kinerja bauran pemasaran di RSKGM dan RSGM FKG
Unpad serta mengalasis perbandingan kinerja bauran pemasaran di kedua rumah
sakit tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif dan komparatif dengan
menggunakan metode explanatory survey. Pengujian hipotesis komparatif
dilakukan dengan uji dua sample berpasangan. Populasi penelitian adalah pasien
yang berobat di RSKGM dan RSGM FKG Unpad. Teknik sampling yang
digunakan adalah simple random sampling. Jumlah sampel ditetapkan dengan
metode Slovin dan diperoleh sebesar 60 orang dari pasien RSKGM dan 60 orang
dari pasien RSGM FKG Unpad. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan
dengan kuisioner, observasi dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan skor kinerja bauran pemasaran RSKGM
adalah sebesar 5777 dan termasuk kategori baik sedangkan kinerja bauran
pemasaran RSKGM FKG Unpad sebesar 5136 dan termasuk kategori cukup baik.
Dari 7 dimensi yang digunakan untuk mengukur bauran pemasaran, secara rata
rata penilaian pasien terhadap 5 dimensi bauran pemasaran (produk, harga,
sumber daya manusia, bukti fisik dan proses) RSKGM lebih tinggi dibanding di
RSGM FKG Unpad namun perbedaan tersebut tidak signifikan (p > 0,05).
Perbedaan yang signifikan terdapat pada bauran lokasi dan promosi yaitu bauran
promosi dan lokasi RSKGM lebih tinggi dibanding RSGM FKG Unpad. Setelah
dilakukan pengujian hipotesis dengan UJI sampel berpasangan untuk
membandingkan kinerja bauran pemasaran kedua rumah sakit, diperoleh nilai
sebesar 6,716 (p
No copy data
No other version available