RANCANGAN MODUL PELATIHAN MENINGKATKAN RESILIENSI IBU DALAM MENGHADAPI ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DISERTAI HIPERAKTIVITAS
Penelitian berjudul Rancangan Modul Pelatihan Meningkatkan Resiliensi
ibu dalam menghadapi anak Gangguan Pemusatan Perhatian disertai
Hiperaktifitas (GPPH). Penelitian ini didasari pada pentingnya ketahanan dan
kemampuan ibu dalam menghadapi anak GPPH agar dapat mengoptimalkan
perkembangan anak GPPH. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu
program pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan ibu dalam mengatasi,
menghadapi, dan bertahan terhadap kondisi anak dengan Gangguan Pemusatan
Perhatian dan Hiperaktifitas.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental, yakni
The one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah 3 orang ibu
yang memiliki anak GPPH yang usia anak 7-9 tahun berdasarkan diagnosis dari
ahli psikiater. Data mengenai kondisi resiliensi ibu diperoleh berdasarkan
observasi, wawancara dan angket yang mengacu pada konsep resiliensi yang
dikemukakan oleh Grothberg (1999). Berdasarkan data yang diperoleh mengenai
kondisi ibu dalam menghadapi anak dengan gangguan pemusatan disertai
hiperaktivitas, dirancang suatu modul pelatihan meningkatkan resiliensi ibu dalam
menghadapi anak dengan gangguan pemusatan perhatian disertai hiperaktivitas.
Pendekatan yang digunakan dalam pelatihan ini mengacu pada
pembelajaran orang dewasa. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dengan
menekankan pada upaya menggali kekuatan yang bersumber dari luar diri dan
mengembangkan kekuatan yang bersumber dari dalam diri untuk menghadapi
kondisi anak GPPH.
Hasil yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan menunjukkan tidak
adanya peningkatan resiliensi ibu, meski demikian setelah dilakukan pengukuran
terhadap pengetahuan ibu mengenai resiliensi terdapat peningkatan pemahaman
mengenai resiliensi.
No copy data
No other version available