MOTIVASI WIRAUSAHA DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP MINAT WIRAUSAHA
MOT IV ASI WIRAUSAHA D4-N FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP
MINAT WIRAUSAHA
(SURVEY I'ADA PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN DJ KOTA BANDUNG )
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi wirausaha, faktor
lingkungan, dan minat menjadi wirausaha mahasiswa Magister Manajemen di Kota
Bandung dan untuk mengetahui pengaruh motivasi wirausaha dan faktor
lingkungan terhadap minat wirausaha mahasiswa Magister Manajemen di Kota
Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Sampel yang
digunakan sebanyak 440 orang yang berasal dari program magister manajemen di
kota Bandung. Analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan
analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan motivasi wirausaha Mahasiswa
Magister di Kota Bandung tinggi, faktor lingkungan Mahasiswa Magister
Manajemen di Kota Bandung sesuai, dan minat wirausaha Mahasiswa Magister
Manajemen di Kota Bandung tinggi. Motivasi wirausaha dan faktor lingkungan
mahasiswa berpengaruh terhadap minat wirausaha Mahasiswa Magister
Manajemen di Kota Bandung. Variabel nilai motivasi wirausaha mempunyai
pengaruh yang lebih besar terhadap minat wirausaha dibandingkan dengan faktor
lingkungan. Total pengaruh Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Wirausaha
Mahasiswa Magister Manajemen di Kota Bandung sebesar 13,19 %. Total
pengaruh faktor lingkungan terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Magister
Manajemen di Kota Bandung sebesar 12,14 %. Korelasi motivasi wirausaha dan
faktor lingkungan terhadap minat wirausaha adalah positif. Hal ini berarti semakin
tinggi motivasi berwirausaha pada mahasiswa maka nilai pribadi wirausaha juga
semakin baik dan sebaliknya.
No copy data
No other version available