PENGARUH KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA (STUDI PADA RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG)
Lembaga pelayanan publik sangat tergantung pada peran pegawainya dalam
!ialankan operasional terutama untuk lembaga kesehatan seperti Rumah Sakit
Cicendo. Sebagai unsur yang penting dalam mewujudkan rumah sakit mata yang
ional, peranan Sumber Daya Manusia sangatlah menentukan keberhasilan
organisasi publik dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
ui penelitian ini telah diamati mengenai pengaruh kualitas kehidupan kerja
p kualitas pelayanan yang diberikan pegawai dan dampaknya terhadap kinerja
ai berdasarkan self-assessment yang menggunakan survey melalui kuesioner
p pegawai di RSM Cicendo.
Pengolahan data menganalisis bahwa kualitas kehidupan kerja pegawai,
itas pelayanan dan kinerjanya telah rnenunjukan kriteria yang baik namun belum
imal. Hasil analisis dengan Structural Equation Modelling atau model persamaan
I menunjukkan bahwa kualitas kehidupan kerja pegawai berpengaruh positif
p kualitas pelayanan. Demikian halnya kualitas pelayanan berpengaruh positif
p kinerja pegawai secara pribadi dan pada akhirnya akan berpengaruh kepada
'a organisasi secara keseluruhan berdasarkan Total Performance Scorecard.
kunci : kualitas kehidupan kerja, kualitas pelayanan, kinerja, total performance
recard.
ABSTRACT
lie service agencies largely depend on the role of employees in the running
ions, especially for health institutions such as the Rumah Saki! Mata Cicendo.
n Resources is an essential element and to determine the success of a public
'Ql/ization in providing the best service for the community. Through this research
been observed the influenced of quality of work life to quality of service and the
lieation to performance based on self-assessment using a survey through
tionnaires to the employees at RSM Cicendo.
processing analyzes that quality of working life of employees, quality of service
performance criteria that have shown the good one but not maximized. Results of
rysis with Structural Equation Modelling proved that the quality of work life of
loyees positively influence to the quality of service. Similarly, service quality has
utve influence to the performance of employees and will impact the overall
ormance of the organization based on Total Performance Scorecard.
ords: quality of work life, quality of service, performance, total performance
ICOrecard.
No copy data
No other version available