INTERVENSI MAKING REQUEST SKILL TRAINING UNTUK ANAK YANG MENGALAMI KESULITAN MENYAMPAIKAN PERMINTAAN
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
bentuk Making Request Skill Training yang tepat untuk meningkatkan
keterampilan making request anak usia 9 - 10 tahun yang mengalami kesulitan
berinteraksi dalam kelompok. Subjek penelitian adalah satu orang siswi kelas IV
Sekolah Dasar, berjenis kelamin perempuan, berusia 9 tahun 11 bulan, yang
mengalami kesulitan melakukan making request ketika berinterkasi dalam
kelompok sejak dari kelas I Sekolah Dasar. Pelatihan ini merupakan modifikasi
dari Social Skills Training yang dirancang oleh Bellack. Perancangan program
pelatihan pada penelitian ini menggunakan pendekatan instructional design yang
dilanjutkan dengan melakukan uji coba pertama untuk mendapatkan program
pelatihan yang dapat digunakan sebagai treatment terhadap anak - anak yang
memiliki karakteristik yang sama dengan subjek penelitian ini. Pengaruh pelatihan
terhadap keterampilan making request subjek diuji dengan menggunakan
pendekatan quasi eksperimental, yaitu single case research design. Data diperoleh
melalui observasi menggunakan behavioral checklist se1ama pengukuran awal,
pelaksanaan pelatihan, dan pengukuran akhir, yang dianalisa secara deskriptif
HasiI penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam perilaku making request
subjek, khususnya dalam mengatakan permintaan dengan jelas. Tampilan yang
menarik pada media penyampaian materi berupa gambar yang representatif dan
tokoh dengan usia yang relatif sama pada video peraga merupakan faktor yang
mempengaruhi pemahaman subjek.
No copy data
No other version available