PERANCANGAN PADJADJARAN MEMORY REHEARSAL APPLICATION (PMRA) UNTUK MELATIH PEMFUNGSIAN WORKING MEMORY PADA MILD INTELLECTUAL DISABILITY USIA MENTAL 8 TAHUN
RISTA PUSPITA: Perancangan Padjadjaran Memory Rehearsal Application
(PMRA) untuk Melatib Pemfungsian Working Memory pad a Mild Intellectual
Disability Usia Mental 8 Tabun
Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat yang dapat melatih pemfungsian
working memory pada mild intellectual disability usia mental 8 tahun. Working
memory (WM) merupakan fungsi kognitif yang berperan penting dalam kehidupan
sehari-hari: digunakan untuk menyimpan dan mengolah informasi penting,
menghambat informasi yang tidak berkaitan dan membuat langkah-langkah untuk
mencapai tujuan. WM pada anak dengan mild intellectual disability (MID) tampak
mengalami defisit namun fungsi eksekutif tidak mengalami kerusakan sehingga dapat
dilatih melalui strategi yang tepat. Intervensi dilakukan menggunakan PMRA yang
dirancang sendiri oleh peneliti berdasarkan konsep teori WM dari Baddeley (2000).
Penelitian merupakan eksperimen mumi meliputi tahapan uji pilot dan eksperimen
utama menggunakan within-subjects design dengan pendekatan modifikasi perilaku
(token economy). Uji pilot-l dan uji pilot-2 dilakukan masing-masing sebanyak 1 sesi
dan eksperimen utama dilakukan sebanyak 20 sesi. Partisipan yang terlibat dalam
penelitian ini merupakan anak dengan MID usia mental 8 tahun, dijaring melalui
teknik purposive sampling melalui panduan wawancara evaluating for possibility
mental retardation (Sattler, 2002) dan pemeriksaan Stanford-Binet Intelligence Test.
Analisis data menggunakan teknik uji hipotesis dan analisis deskriptif. Hasil
penelitian didapatkan bahwa terjadi kecenderungan peningkatan skor pada
pemfungsian WM empat partisipan dalam 20 sesi intervensi. Maka, berdasarkan hasil
penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa PMRA dapat digunakan
untuk melatih WM pada MID usia mental 8 tahun.
No copy data
No other version available