EDUKASI KOMUNIKASI TERAPEUTIK DALAM PROGRAM FAMILY PSYCHOEDUCATION THERAPY
Frieza Patriani, 210120130501, 2013, "Edukasi Komunikasi Terapeutik
dalarn Program Family Phychoeducation Therapy" (Studi Kasus Mengenai
Edukasi Komunikasi Terapeutik di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Kepada
Kel.iarga Pasien Gangguan Jiwa). Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi,M.Ext.Ed sebagai
Ketua Tim Pembimbing, dan Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si sebagai Anggota Tim
Pembimbing, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.
Tujuan tesis ini untuk mengetahui pemahaman pihak rumah sakit
mengenai program Family Psychoeducation Therapy secta kenda dan solusi dalam
program tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitas dengan
paradigma konstruktivisme, dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Subjek
penelitiannya adalah psikiater, psikolog, perawat, manajemen dan keluarga
pasien di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat yang dipilih secara purposif.
Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, pengamatan peran
secta, dan studi pustaka.
Basil penelitian mengungkapkan bahwa (1) pcmahaman pihak rumah sakit
mengenai program Family Psycho education Therapy yaitu: (a) Identifikasi
masalan Keluarga Paisen, dan keluarga di informasikan tujuan komunikasi
terapeutik. (b) Perawatan dan Komunikasr terhadap pasien gangguan jiwa.
Edukasi disini terdapat teknik dalam komunikasi terapeutik. (c) Manajemen Stres
Kcluarga. keluarga diedukasi mengenai sikap dalam komunikasi terapeutik. (d)
Manajcn.cn Bcban Keluarga. Keluarga Ji edukasi meugenai sikap dalani
komunikasi tcrapcutik (c) Pcmberdayaan Kornunitas Membantu Keluarga. (2)
Metode yang digunakan adalah discussion method yang terdiri dari information
sharing dan problem solving. (3) Evalusi yang dilakukan dalam rogram ini hanya
evaJuasi terhadap keluarga pasien saja, tidak ada evaluasi internal dari pihak
rumah sakit, (4)KendaJa yang terdapat dalarn program Family Psychoeducation
Theraphy, pertama dari pihak keluarga yaitu: psikologis, knowledge, sosiologis,
ekonomi. Kedua, dari pihak rumah sakit yaitu: SDM, Fasilitas, Ratio, Waktu. (5)
Solusi untuk kendala tersebut yaitu: (a) tahap awal: kognitif terapi, motivasi,
informasi (b) tahap lanjutan: program F am ily Psychoeducation Theraphy
dilakukan pad a awal konsul pasien baru, kerjasama antar profesi di rumah sakit.
No copy data
No other version available