PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DAN HUBUNGAN KEMITRAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN ( Studi Telkom Bandung )
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang seberapa
besar peran komunikasi pemasaran secara parsial terhadap kinerja pemasaran,
pengaruh hubungan kemitraan secara parsial terhadap kinerja pemasaran serta
peran komunikasi pemasaran dan hubungan kemitraan secara simultan terhadap
kinerja pemasaran juga perbandingan dua kelompok individu mengenai peran
komunikasi pemasaran dan hubungan kemitraan terhadap kinerja pemasaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey eksplanatori.
Untuk keabsahan dan kesahihan data dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.
Analisis deskriptif dan verifikatif pun dilakukan terhadap data dalam penelitian
ini. Dikarenakan keterbatasan data, model yang dipakai dalam analisis verifikatif
menggunakan Partial Least Square (PLS) yaitu model persamaan struktural yang
berbasis varian atau komponen untuk memverifikasi hubungan antar variabel.
Setelah itu dilakukan uji beda untuk mengetahui perbandingan perbedaan
pendapat. Selanjutnya uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menurut ketua program studi, secara
parsial peran komunikasi pemasaran memiliki korelasi sebesar 0.135 atau 1.82%
terhadap kinerja pemasaran. Dan hubungan kemitraan pun secara parsial memiliki
korelasi sebesar 0.587 atau 35.46% terhadap kinerja pemasaran. Sehingga secara
simultan komunikasi pemasaran dan hubungan kemitraan memiliki korelasi
sebesar 0.425 atau 42.50% terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan menurut
sekretaris program studi secara parsial peran komunikasi pemasaran memiliki
korelasi sebesar 0.456 atau 20.79% terhadap kinerja pemasaran. Dan hubungan
kemitraan pun secara parsial memiliki korelasi sebesar 0.437 atau 19.10%
terhadap kinerja pemasaran. Sehingga secara simultan komunikasi pemasaran dan
hubungan kemitraan memiliki korelasi sebesar 0.644 atau 64.44% terhadap
kinerja pemasaran. Dari kedua pendapat tersebut berdasarkan uji beda tidak
terdapat perbedaan yang signifikan antara kornunikasi pemasaran, hubungan
kemitraan dan kinerja pemasaran menurut ketua program studi dengan
komunikasi pemasaran, hubungan kemitraan dan kinerja pemasaran menurut
sekretaris program studi di Telkom University Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat bahwa secara simultan
komunikasi pemasaran dan hubungan kemitraan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kinerja pemasaran sehingga Telkom University apabila ingin
meningkatkan kinerja pemasarannya perlu melakukan peningkatan juga pada
komunikasi pemasaran dan meningkatkan hubungan kemitraannya.
No copy data
No other version available