Daya Tarik, Kredibilitas, dan Keahlian Celebrity Endorsement pada Brand Image dalam Mendorong Keputusan Pembelian Brand Peter Says Denim
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Daya Tarik (Attractiveness); Kredibilitas
(Credibility), dan Keahlian (Expertise) Celebrity Endorsement yang mempengaruhi Brand
Image terhadap keputusan pembelian konsumen pada Peter Says Denim. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui Untuk mengetahui daya tarik, kredibilitas, keahlian celebrity
endorsement, brand image dan keputusan pembelian pada konsumen Peter Says Denim,
Untuk mengetahui pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan keahlian celebrity endorsement
pada brand image Peter Says Denim baik secara parsial maupun simultan, dan Untuk
mengetahui pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan keahlian celebrity endorsement pada brand
image yang berdampak terhadap keputusan pembelian pada konsumen Peter Says Denim
baik secara parsial maupun simultan.
Celebrity Endorsement adalah salah satu metode promosi yang paling popular di
dunia, dengan menggunakan selebriti yang menarik, menyenangkan, dan dapat dipercaya
oleh publik sehingga produk yang dipromosikan menjadi diketahui dan dikenal. Brand
Image adalah sekurnpulan asosiasi brand yang terbentuk di benak konsurnen (Rangkuti,
2004), Sedangkan keputusan pembelian merupakan tahap konsumen membentuk niat untuk
membeli produk yang paling disukai, dim ana keputusan konsumen untuk memodifikasi,
menunda, atau menghindar sangat dipengaruhi resiko pembelian yang dirasakan (Kotler &
Keller, 2009:214). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling
dengan jumlah responden sebanyak 135 responden. Kemudian, untuk analisis data
digunakan Analisis Jalur (Path Analysis).
Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui untuk struktural pertama analisis jalur,
pengaruh total variabel Attractiveness, Credibility dan Expertise terhadap Brand Image
adalah sebesar 62.45%. artinya Attractiveness, Credibility dan Expertise secara keseluruhan
dapat mempengaruhi atau memberikan kontribusi terhadap Brand Image sebesar 62.45%.
Dengan tingkat signifikansi 5%, maka didapatkan Ftabe!= 3.07. Karena nilai Fhitung > Ftabe!
(72,533> 3.07) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 5%, maka HO ditolak. Artinya, terdapat
pengaruh signifikan secara simultan variabel Attractiveness (Xl ), Credibility (X2), dan
Expertise (X3) terhadap Brand Image (Y). Sedangkan untuk struktural kedua Pengaruh total
variabel Attractiveness, Credibility dan Expertise serta Brand Image terhadap Keputusan
pembelian adalah sebesar 82.80%. Attractiveness, Credibility dan Expertise serta Brand
Image secara keseluruhan dapat mempengaruhi atau memberikan kontribusi terhadap
Keputusan pembelian sebesar 82.80%. Berdasarkan output, diperoleh nilai Fhitung sebesar
156.805 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan tingkat signifikansi 5%, maka
didapatkan Ftabe! = 3.07. Karena nilai Fhitung > Ftabe! (156.805 > 3.07) dan nilai signifikansi
lebih kecil dari 5%, maka HO ditolak. Artinya, terdapat pengaruh signifikan secara simultan
dari seluruh variabel Attractiveness (XI), Credibility (X2) dan Expertise (X3) serta Brand
Image (Y) terhadap Keputusan Pembelian (Z).
No copy data
No other version available