PENGALAMAN KOMUNIKASI DAN MAKNA "OTAKU" BAGI PENGGEMAR BUDAYA JEPANG (OTAKU)
Nessa Suzan, 210120130029, 2015. Pengalaman Komunikasi dan Makna
"Otaku" Bagi Penggemar Budaya Jepang (Otaku): Studi Fenomenologi Mengenai
Konstruksi Makna "Otaku" dan Pengalaman Komunikasi Bagi Para Penggemar
Budaya Jepang (Otaku). Ketua Tim Komisi Pembimbing, Dr. Jenny Ratna
Suminar, M.Si., dan Anggota Tim Komisi Pembimbing, Drs. Roy Robert
Rondonuwu, M.Lib. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna realitas otaku dan
menganalisis pengalaman komunikasinya baik dengan sesama otaku maupun yang
bukan otaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
~alisis fenomenologi d~ Alfred Schutz
Hasi1 penelitian ini adalah penggemar budaya Jepang (Otaku) memaknai
realitas tentang "otaku" dibangun atas konstruksi "otaku" oleh infonnan dan
konstruksi diri sebagai otaku. Pengalaman komunikasi yang digunakan meliputi
pesan, media, serta bahasa yang digunakan kepada sesama otaku dan non-otaku.
Otaku juga melakukan tiga pemaknaan, yaitu bagaimana stigma yang mereka
terima dari masyarakat, tanggapan apa yang mereka berikan terhadap masyarakat,
dan harapan selanjutnya agar hubungan otaku - masyarakat semakin baik.
No copy data
No other version available