MEDIA PERIKLANAN DALAM PEMBENTUKAN KESADARAN MEREK SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SANGOBION : SURVEY PADA IBU-IBU PKK KECAMATAN CIMAHI TENGAH
Persaingan bisnis bukanlah hal yang baru dalam dunia pemasaran,
terutama dalam hal merebut ealon konsumen yang potensial serta mempertahankan
konsumen yang telah ada. Semakin tinggi persaingan bisnis dewasa ini, menyebabkan
setiap perusahaan dituntut harus dapat menunjukkan strategi yang jitu dan berbeda dari
perusahaan lain. Hal tersebut merupakan kekuatan perusahaan dalam menghadapi
muneulnya pesaing baru maupun pesaing yang sudah ada yang bergerak dalam
bidang industri yang sama. Dengan demikian, perusahaan harus lebih kreatif dan
inovatif daripada pesaing dalam meneiptakan, menyampaikan dan
mengkomunikasikan nilai tambah suatu produk dalam lingkup target pasar yang dipilih.
Perusahaan akan menemukan produk pesaing sebagai produk tandingan dalam
usaha menguasai pasar. Sehingga perusahaan harus meneiptakan sesuatu yang berbeda
dari pesaing seeara berkelanjutan. Strategi promosi yang baik bagi perusahaan untuk
menguasai pasar adalah dengan periklanan, yaitu mempengaruhi minat serta
persepsi konsumen untuk melakukan pembelian suatu produk serta menempatkan
produk didalam benak ealon konsumen. Dengan dernikian, media periklanan yang
dipilih harus tepat sasaran, sehingga produk mutlak akan mudah dikenal dan diingat
oleh konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media periklanan (efek suara,
musik, kata-kata, gambar, wama, dan gerakan) terhadap pembentukan kesadaran merek
baik seeara parsial maupun simultan dan juga untuk mengetahui pengaruh kesadaran
merek terhadap keputusan pembelian
Telah dilakukan survey dengan desain cross-sectional terhadap 100 Ibu-Ibu
PKK yang berasal dari Keeamatan Cimahi Tengah dengan menggunakan kuesioner
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang dihasilkan dianalisis dengan
menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian didapatkan media periklanan yang dilakukan PT. Merck, Tbk
untuk produk Sangobion adalah baik di mata konsumen dimana Sangobion juga
memiliki kesadaran merek yang baik. Media periklanan seeara keseluruhan (efek suara,
musik, kata-kata, gambar, wama, dan gerakan) berpengaruh terhadap pembentukan
kesadaran merek dan kesadaran merek yang dihasilkan dari iklan Sangobion
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen untuk produk Sangobion.
Dengan memperbaiki media periklanan dari berbagai aspek yang mempengaruhi
seeara langsung maupun tidak langsung terhadap pembentukan kesadaran merek, maka
akan mempengaruhi keputusan pembelian produk Sangobion.
No copy data
No other version available