PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP INOVASI PRODUK DAN DAMPAKNYA PADA KEBERHASILAN USAHA REST AREA KM 125 TOL PURBALEUNYI
PENGARUH KARAKTERISTIK WlRAUSAHA TERHADAP
INOVASI PRODUKDAN DAMPAKNYA PADA KEBERHASILAN USAHA
PADA REST AREA KM 125 TOL PURBALEUNYI
EkaLudiya
ekaludiya@yahoo.com
ABSTRAK
Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat mengakibatkan perusahaanÂ
perusahaan sejenis saling berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada
para pelanggannya untuk tetap kompetitif dalam persaingan. Berbagai maeam sektor
informal dalam bidang ekonomi terus berusaha untuk meneukupi kebutuhan manusia
dengan melakukan berbagai maeam pembaharuan, salah satunya adalah kegiatan
bisnis.Bisnis adalah salah satu kegiatan ekonomi manusia yang memiliki posisi strategis
sebagai sumber penghasilan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
. U saha mikro dan usaha keeil di Indonesia merupakan salah satu sektor yang
telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional khususnya
dalam penyerapan tenaga kerja, pembentukan Produk Domestik Brute (PDB) Nasional,
nilai ekspor nasional, dan investasi nasional (Wijayanto, 2008). Untuk
memasyarakatkan dan membangkitkan semangat kewirausahaan di Indonesia,
pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 1995. adapun tujuan
dikeluarkannya Inpres tersebut untuk menumbuhkembangkan semangat kepeloporan di
kalangan genera si muda agar mampu menjadi wirausahawan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik
wirausaha terhadap inovasi produk dan dampaknya pada keberhasilan usaha, data yang
digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 31 responden, alat analisis yang
digunakan untuk menguji hipotesa adalah analisi jalur (path analysis). Hasil pengujian
hipotesa deskriptif menunjukkan bahwa karakteristik percaya diri dalam kategori baik,
karakteristik orientasi tugas dan hasil dalam kategori baik, berani mengambil risiko
dalam kategori dalam kategori baik, kepemimpinan dalam kategori baik, orisinalitas
dalam kategori baik, dan orientasi ke masa depan dalam kategori baik, inovasi produk
dalam kategori eukup, dan keberhasilan usaha dalam kategori eukup. Pengujian hipotesa
verifikatif menunjukkan bahwa pereaya diri, orientasi tugas dan hasil, berani mengambil
risiko, kepemimpinan, dan orientasi ke masa depan berpengaruh seeara simultan
terhadap inovasi produk. Seeara parsial pereaya diri berpengaruh terhadap inovasi
produk sebesar 5%, pengaruh langsung orientasi tugas dan hasil terhadap inovasi
produk sebesar 9,1 %, pengaruh langsung berani mengambil risiko terhadap inovasi
produk sebesar 3,7%, pengaruh langsung kepemimpinan terhadap inovasi produk
sebesar 41,3%, pengaruh langsung orisinalitas terhadap inovasi produk sebesar 2,4%,
dan pengaruh langsung orientasi ke masa depan terhadap inovasi produk sebesar 4,9%.
No copy data
No other version available