PERILAKU WIRAUSAHA USAHA KECIL DAN MENENGAH DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN USAHA (Studi tentang Wirausaha UKM Sulam Usus di Kota Bandar Lampung)
Penelitian tentang Perilaku Wirausaha Usaha Kecil dan Menengah dalam
Mencapai Keberhasilan Usaha : Studi ten tang Wirausaha UKM Sulam USUS di
Kota Bandar Lampung, menyoroti tentang perilaku wirausaha UKM sulam USUS
Bandar Lampung dalam meneapai keberhasilan usaha. Keberhasilan usaha yang
dieapai UKM sulam USUS di Bandar Lampung menunjukkan bahwa sebagian besar
UKM sulam USUS di Bandar Lampung kurang berhasil.
Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimanakah perilaku wirausaha Usaha
Keeil dan Menengah Sulam USUS di Kota Bandar Lampung dalam meneapai
keberhasilan usaha? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk menganalisis dan
mengetahui faktor dominan dari perilaku kewirausahaan Usaha Keeil dan
Menengah sulam usus di Kota Bandar Lampung dalam meneapai keberhasilan
usaha; dan (2) Untuk menemukan konsep barn tentang aspek-aspek perilaku
wirausaha UKM di Bandar Lampung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis
deskriptif, karena penulis ingin mengetahui elemen dan faktor-faktor apa dari
perilaku wirausaha yang seeara signifikan mengakibatkan keberhasilan usaha dari
UKM. Pada penelitian ini penulis melakukan pengamatan langsung terhadap
kondisi riil UKM sulam usus dan wawaneara dengan informan : direktur UKM
Sulam Usus, kepada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan
Perdagangan Kota Bandar Lampung dan Kepala Bidang UKM. Setelah melalui
proses triangulasi, data dan informasi tersebut diklarifikasi, dideskripsi, clan
diinterpretasi, dengan rujukan teori-teori ilmu administrasi bisnis, ilmu sosial serta
pengetahuan peneliti untuk merumuskan jawaban terhadap pertanyaan penelitian.
Dari hasil penelitian ini menunujukkan bahwa wirausaha UKM sulam usus
di Kota Bandar Lampung yang berhasil adalah, (1) memiliki perilaku inovasi
berupa sering melakukan penemuan,' pengembangan dan sintensi terhadap
produknya, serta jarang melakukan duplikasi atau meniru produk wirausaha yang
lain; (2) mengambil risiko; dan (3) melakukan proaktif. Dimensi yang paling
dominan adalah inovasi. Menambahkan 3 dimensi baru dari perilaku wirausaha,
sehingga wirausaha akan lebih berhasil dengan mengkombinasikan 6 perilaku,
yaitu kreativitas, inovasi, proaktif, mengambil risiko, kepemimpinan dan jaringan
komunikasi. Serta menambahkan indikator jaringan komunikasi degan
pemerintah, pendidikan dan perusahaan yang dilakukan oleh Wirausaha UKM
sui am usus agar lebih berhasil.
No copy data
No other version available