PEMASARAN KERELASIAN, KUALITAS LAYANAN, DAN ORIENTASI NASABAH DARI PEKERJA JASA (ONPJ) TERHADAP KEPUASAN NASABAH DAN NIAT BERPERILAKU NASABAH SERTA DAMPAKNYA PADA RETENSI NASABAH DI LAMPU
Industri perbankan merupakan industri yang besar dan tumbuh dinamis
sehingga berdampak pada persaingan bank yang semakin ketat. Pertumbuhan
institusi perbankan di Lampung dalam lima tahun terakhir menunjukkan
peningkatan signifikan yang menyebabkan setiap bank berlomba memenuhi setiap
kebutuhan dan keinginan nasabah untuk menciptakan kepuasan dan membentuk
niat berperilaku nasabah ke arah positif sebagai modal untuk menciptakan retensi
nasabah dengan mengimplementasikan pemasaran kerelasian, kualitas layanan, dan
orientasi nasabah dari pekerjajasa (ONP1).
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan alternatif model solusi melalui
penggalian dan pengkajian data dan informasi tentang pengaruh struktural antara
pemasaran kerelasian, kualitas layanan, dan orientasi nasabah dari pekerja jasa
(ONP1), kepuasan nasabah, niat berperilaku nasabah, dan retensi nasabah. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan analisis data
menggunakan Structural Equation Modeling. Data primer dikumpulkan melalui
survei kepada 400 nasabah dari bank umum dan bank perkreditan rakyat yang
tersebar di Lampung.
Hasil penelitian menunjukkan pemasaran kerelasian, kualitas layanan, dan
orientasi nasabah dari pekerjajasa berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan niat
berperilaku nasabah, serta retensi nasabah. Niat berperilaku nasabah sebagai
keluaran dari proses kepuasan nasabah telah terbukti.
No copy data
No other version available