Kapabilitas Pemasaran Dan Orientasi Pasar dalam Meningkatkan Inovasi serta Implikasinya Terhadap Kinerja Pemasaran : Survei Pada Industri Kecil Kain Tenun Melayu Di Provinsi Riau
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kapabilitas Pemasaran dan Orientasi Pasar
terhadap kinerja pemasaran baik secara simultan maupun parsial melalui inovasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif
Sedangkan untuk pengumpulan data dan informasi adalah survei. Survei yang
dilakukan adalah descriptive survey dan explanatory survey. Unit analisis pada
penelitian ini adalah industri kecil kain tenun melayu di provinsi Riau,
sedangkan unit observasinya adalah pelaku usaha industri kecil kain tenun melayu di
Provinsi Riau melalui metode sensus yang berjumlah 263 pelaku usaha.
Adapun alat verifikatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struktural Equation
Modelling (SEM) dengan menggunakan program Lisrel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas pemasaran dan orientasi secara
simultan dan parsial berpengaruh terhadap inovasi, kapabilitas pemasaran dan
orientasi pasar secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran dan
secara parsial kapabilitas pemasaran berpengaruh terhadap kinerja pemasaran,
sedangkan orientasi pasar berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
kinerja pemasaran. Kapabilitas pemasaran dan orientasi pasar berpengaruh
terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi.
Penelitian ini menghasilkan kebaruan yaitu model kinerja pemasaran yang
dibentuk oleh kapabilitas pemasaran dan orientasi pasar melalui inovasi.
No copy data
No other version available