MOTIVASI HEDONIC SHOPPING DAN DAMPAKNYA PADA IMPULSE BUYING ATAS TERPAAN KINERJA PROMOSI PENJUALAN DAN ATRIBUT HYPERMARKET (Survai Konsumen Hypermarket Di Kota Bandung)
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kajian tentang: persepsi konsumen tentang
kinerja promosi penjualan, atribut hypermarket, motivasi hedonic shopping dan impulse buying
pada Hypermarket Kota bandung. Hubungan kinerja promosi penjualan dengan atribut
hypermarket pada Hypermarket Kota Bandung. Dampak terpaan kinerja promosi penjualan dan
atribut hypermarket terhadap motivasi hedonic shopping pada Hypermarket Kota Bandung,
Dampak terpaan kinerja promosi penjualan dan atribut hypermarket terhadap impulse buying
pada Hypermarket Kota Bandung baik secara parsial maupun simultan. Dampak terpaan
motivasi hedonic shopping terhadap impulse buying pada Hypermarket Kota Bandung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan datanya
adalah studi literature dan studi lapangan. Studi lapangan menggunakan observasi, wawancara
dan kuesioner. Sampel diambil 210 konsumen Hypermarket di Kota Bandung. Teknik penarikan
sampel menggunakan systematic random sampling. Model pengaruh dianalisis menggunakan
Structural Equation Model.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan kinerja promosi penjualan dengan atribut
hypermarket. Artinya, promosi penjualan ditunjang dengan atribut yang disajikan oleh
hypermarket, Kinerja promosi penjualan dan atribut hypermarket menerpa motivasi hedonic
shopping pada Hypermarket Kota Bandung, dimana kinerja promosi penjualan lebih dominan
menerpa motivasi hedonic shopping. Unsur kinerja promosi yang dominan adalah pemberian
kupon. Ini menandakan konsumen hypermarket di Kota Bandung menyukai kegiatan tersebut.
Hasil selanjutnya kinerja promosi penjualan dan atribut hypermarket menerpa impulse buying.
Hal ini terjadi karena Impulse buying lebih ditentukan oleh kinerja promosi penjualan. Motivasi
hedonic shopping mempunyai terpaan terhadap impulse buying. Unsur yang dominan dari
motivasi hedonic shopping adalah suasana hati.
No copy data
No other version available