PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP STRATEGI BISNIS DAN KEUNGGULAN BERSAING SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA BISNIS OPERATOR TELEKOMUNIKASI SELULER DI INDONESIA
Kinerja Bisnis yang tidak optimal dari operator telekornunikasi se1uler di
Indonesia diduga disebabkan karena manajemen belum sepenuhnya
mengirnplernentasikan pemahaman mereka atas lingkungan bisnis dan reputasi
perusahaan. Dalam kaitan tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh dari Lingkungan Bisnis dan Reputasi Perusahaan terhadap Strategi
Bisnis dan Keunggulan Bersaing serta implikasinya pada Kinerja Bisnis operator
telekornunikasi seluler di Indonesia. Metode yang digunakan adalah descriptive
survey dan explanatory survey dengan unit analisis operator telekomunikasi
se1uler di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan survey kepada
delapan rnanajernen operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang
pengarnatannya menggunakan cakupan waktu (time horizon) bersifat cross
section/one shoot, artinya inforrnasi atau data yang diperoleh adalah hasil
pene1itian yang dilakukan pada satu waktu tertentu yaitu pada tahun 2010. Hasil
survey tersebut kemudian dianalisa baik secara deskriptif maupun dengan
menggunakan alat uji model persamaan struktural (Structural Equation Model
SEM) berbasis varian atau komponen, yaitu PLS (Partial Least Square) dengan
menggunakan alat bantu software SmartPLS versi 2.0. Dari penelitian ini
ditemukan bahwa manajemen operator te1ekomunikasi seluler di Indonesia telah
mengirnplementasikan pemahaman mereka tentang Lingkungan Bisnis, Reputasi
Perusahaan, Strategi Bisnis, Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Bisnis dalarn
pembuatan kebijakan perusahaan. Ditemukan pula bahwa ada pengaruh yang
positif dari Lingkungan Bisnis terhadap Strategi Bisnis, Lingkungan Bisnis
terhadap Keunggulan Bersaing, Reputasi Perusahaan terhadap Strategi Bisnis,
Reputasi Perusahaan terhadap Keunggulan Bersaing, Strategi Bisnis terhadap
Kinerja Bisnis, serta Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Bisnis.
No copy data
No other version available