KINERJA UNGGUL USAHA KECIL DAN MENENGAH PENGRAJIN KERIPIK SINGKONG PEDAS DI KAMPUNG POJOK KOTA CIMAHI
Sekitar empat tahun terakhir terdapat fenomena menarik di Kota Bandung,
yaitu munculnya produk keripik singkong pedas (KSP) merk Ma Icih yang begitu
digandrungi masyarakat Kota Bandung. Ketika tahun 2011 penjualan KSP Ma
Icih menurun, penjualan para pengrajin KSP di Kampung Pojok sebagai man tan
pemasok KSP Ma Icih malah meningkat.
Fenomena di atas mengarahkan perumusan masalah penelitian menjadi faktor
apa yang membuat para pengrajin KSP di Kampung Pojok Kota Cimahi memiliki
kinerja unggul pasca era booming KSP Ma Icih?
Penelitian - yang didasarkan kepada teori resource-based view - ini adalah
penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan teknik wawancara
dan pengamatan. Informan penelitian ini adalah pengrajin KSP, karyawan
pengrajin KSP, pelanggan pengrajin KSP dan pemasok pengrajin KSP yang
memiliki rich cases yang dipilih melalui purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan kinerja unggul pengrajin KSP di Kampung
Pojok Kota Cimahi diperolah berkat dimilikinya keunggulan bersaing berupa
produk berkualitas tinggi dikarenakan kapabilitas pengrajin dalam merespon
peluang yang ada, memperlakukan karyawan dengan baik. Loyalitas dan keahlian
karyawan yang tinggi dan kemampuan pengrajin .menciptakan produk baru
dengan cepat dan murah adalah sumber daya yang bernilai, langka, dart sulit
ditiru. Hasil penelitian ini menemukan beberapa konsep baru, yaitu : prinsip
'rejeki sudah ada yang mengatur' membuat pelaku KSP tidak saling menjatuhkan
berebut pasar, semangat memberdayakan karyawan untuk menjadi lebih maju,
memanusiakan karyawan dengan tidak mengeksploitasinya, hubungan yang unik
pemasok dan pengrajin tanpa biaya transaksional, speed innovation yang tinggi
dan murah dengan tingkat keberhasilan tinggi.
No copy data
No other version available