PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BOGOR
Fenomena yang diangkat menjadi masalah penelitian adalah kualitas
pelayanan Pendidikan Dasar pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten
Bogor dan korelasinya dengan masalah kompetensi. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan dengan pendekatan
penelitian survey sample. Pengambilan sampel dari populasi penelitian
menggunakan stratified random sampling technique. Pengumpulan data
menggunakan studi kepustakaan, kuesioner penelitian dan observasi. Analisis
data menggunakan Analisis SEM (Structural Equation Model Analysis). Dari
pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
Kompetensi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar
pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bogor. Besarnya pengaruh
kompetensi terhadap kualitas pelayanan pendidikan dasar pada Sekolah
Menengah Pertama ditentukan oleh motives, traits, self-concept, knowledge, dan
Skills. Adanya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa di antara kompetensi
dengan kualitas pelayanan pendidikan dasar terbentuk suatu hubungan kausalitas
yang bermakna bahwa apabila kompetensi aparatur ditingkatkan atau meningkat
maka secara stimulan peningkatan tersebut diikuti dengan peningkatan kualitas
pelayanan pendidikan dasar.
No copy data
No other version available