KOMUNIKASI ORGANISASI DI SEKRETARIAT JENDERAL DPR RI
Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen
DPR RI) merupakan suatu institusi pemerintahan yang dibentuk secara khusus
membantu, memberikan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan DPR RI.
Pentingnya komunikasi organisasi sebagai alat administrasi dan manajemen di
Setjen DPR RI agar tercipta sinergi dalam proses komunikasi tersebut. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui tentang komunikasi organisasi yang berjalan di
Setjen DPR RI.
Penelitian ini menggunakan desain kualitatif, yang menjelaskan dan
menguraikan tentang komunikasi organisasi di Setjen DPR RI. Sumber data berupa
kondisi empirik tentang fenomena, dengan peneliti sebagai instrumen utama.
Teknik pengumpulan data adalah studi observasi, dokumentasi dan wawancara
mendalam dengan beberapa Informan dari lingkungan Setjen DPR RI dan beberapa
Anggota DPR RI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek Kepuasan Organisasi, aspek
Iklim Komunikasi Organisasi, aspek Kualitas Media, aspek Kemudahan
Memperoleh Informasi, aspek Penyebaran Informasi, aspek Muatan Informasi,
aspek Kemumian Pesan, dan aspek Budaya Organisasi belum terlaksana dengan
baik, karena adanya hambatan informasi akibat kurangnya kedisiplinan dari
masing-masing anggota organisasi untuk memahami kebijakak-kebijakan yang ada,
sehingga proses meciptakan lingkungan kerja yang kondusif masih belum tercapai
dan belum efektif. Temuan dalam penelitian ini adalah komunikasi organisasi di
Setjen DPR RI masih belum efektif disebabkan SOP yang telah ada belum
dilaksanakan secara benar, adanya distorsi informasi dari kebijakan-kebijakan yang
menyangkut organisasi disebabkan dukungan sistem dan kinerja pengelola
informasi belum efektif.
No copy data
No other version available