KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP KELAS TIGA DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO
Pelayanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu sekalipun dijamin
oleh pemerintah belum juga menunjukkan perubahan yang berarti. Rumah sakit
sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan memiliki peranan yang sangat
strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
Pola pelayanan kesehatan yang diharapkan adalah pelayanan yang berkualitas,
sehingga mampu mereduksi angka kesakitan dan kematian serta menciptakan
masyarakat sehat sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
kualitas pelayanan kesehatan rawat inap kelas tiga yang selanjutnya memperoleh
konsep baru bagi pengembangan ilmu administrasi publik.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data
menggunakan studi kepustakaan, studi dokumen, observasi dan wawancara.
Melalui desain ini diperoleh fakta, sifat serta hubungan fenomenal. tentang
kualitas pelayanan kesehatan sehingga dilakukan kategorisasi dan jawaban atas
perumusan hipotesis kerja sebagai temuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan rawat inap
kelas tiga di RSVP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado berdasarkan aspek bukti fisik,
reliability, kebertanggungjawaban, jaminan dan empati, belum berjalan dengan
baik. Para medis yang melakukan pelayanan medis merupakan bagian atau organ
RSVP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado sehingga segala bentuk pelayanan yang
dilakukan tidak terlepas dari tanggung jawab rumah sakit selaku pengelola dan
penyedia layanan kesehatan. Adapun konsep barn yang dapat diangkat dari hasil
-, penelitian ini adalah jaminan akan keterbukaan prosedur pelayanan yang diikuti
dengan sikap dalam memberikan pelayanan menjadi alat bagi pencapaian
pelayanan yang berkualitas.
No copy data
No other version available