MODEL PEMASARAN KEPARIWISATAAN TERPADU DALAM UPAYA MENCIPTAKAN LOYALITAS WISATAWAN
Penelitian ini difokuskan pada pemasaran kepariwisataan DIY. Tujuan penelitian
ini menginvestigasi kinerja pemasaran kepariwisataan terpadu DIY dan untuk
menginvestigasi pengaruh pemasaran internal, eksternal, interaktif, sektor
pendukung dan kebijakan pemerintah terhadap kepuasan pelanggan eksternal dan
loyalitas wisatawan ke DIY. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
dan verifikatif dengan rentang waktu cross sectional one short yaitu tahun 2013-
2014. Sample penelitian dengan cluster dan tehnik pengambilan sampel
propursive sampling sebanyak 420 responden karyawan usaha kepariwisataan dan
wisatawan domestik yang telah berkunjung ke DIY minimal kunjungan 2 kali.
Variabel bebas penelitian ini meIiputi; pemasaran internal, pemasaran eksternal,
pemasaran interaktif, sektor pendukung, kebijakan pemerintah dengan
internvening variabel kepuasan pelanggan internal dan kepuasan pelanggan
eksternal sedangkan variabel dependen adalah loyalitas wisatawan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan survei dengan pengumpulan data primer melalui:
observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode estimasi dan analisis
data menggunakan Structur Equation Modelling (SEM) dan AMOS versi 20
sebagai software pengolah data. Penelitian ini menghasilkan temuan : Kegiatan
pemasaran kepariwisataan di DIY sudah berjalan dengan baik hal ini di lihat dari
nilai indek sebesar 34,5 pada rentang penilaian tinggi. Sementara itu berdasarkan
analisis verifikatif didapatkan temuan bahwa: Pertama, kepuasan pelanggan
internal dipengaruhi oleh pemasaran internal dan kualitas pelayanan internal
namun kualitas pelayanan lebih dominan pengaruhnya. Kedua, kepuasan
pelanggan ekstemal dipengaruhi oleh pemasaran ekstemal, kualitas pelayanan dan
kebijakan pemerintah, namun kebijakan pemerintah lebih dominan pengaruhnya
terhadap kepuasan wisatawan. Ketiga, loyalitas di pengaruhi oleh pemasaran
ekstemal dan kepuasan pelanggan ekstemal namun pemasaran eksternal lebih
dominan pengaruhnya terhadap loyalitas. Temuan utama dalam penelitian ini
adalah menghasilkan model pemasaran kepariwisataan terpadu.
No copy data
No other version available