ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN Dan Budaya Organisasi terhadap Inovasi (Studi Kasus Pada CV Acaraya Media Utama Bandung)
ORIENTASI KEWlRAUSAHAAN
DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP INOVASI
(Studi Kasus Pada cv. Acarya Media Utama)
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah orientasi kewirausahaan
dan budaya organisasi berpengaruh terhadap inovasi baik secara simultan maupun
secara parsial.
Variabel operasional orientasi kewirausahaan (Xl) dan budaya organisasi
(X2) sebagai variabel independen dan inovasi (Y) sebagai variabel dependen.
Sumber data adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner kepada 29
responden CV. Acarya Media Utama Bandung. Metode yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan analisis verifikatif menggunakan analisis jalur dengan
bantuan Ms. Excel dan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, budaya
organisasi dan inovasi dalam cv. Acarya Media Utama Bandung berada dalam
kategori baik. Orientasi kewirausahaan dan budaya organisasi secara simultan
berpengaruh terhadap inovasi. Orientasi kewirausahaan secara parsial
berpengaruh positif terhadap inovasi dan budaya organisasi secara parsial juga
berpengaruh positif terhadap inovasi, dengan budaya organisasi memiliki
pengaruh yang lebih dominan.
No copy data
No other version available