PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK KULINERTERHADAP BRAND AWARENESS PADA KONSUMEN DI KOTA BANDUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diferensiasi
produk terhadap brand awareness pada konsumen.
Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif dan
verifikatif dengan variabel bebas diferensiasi produk (bentuk, keistimewaan, mutu
kesesuaian dan gaya) dan variabel terikat adalah brand awareness. Pengumpulan
data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen Mochilok,
Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman secara accidental sampling
dengan jumlah respond en sebanyak 100 sampel. Pengujian dilakukan dengan
menggunakan Skala Likert untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap
diferensiasi produk Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang, Mie Reman dan
kemudian skala tersebut ditransformasikan ke skala interval menggunakan metode
succesive interval. Untuk menguji apakah ada pengaruh antara diferensiasi produk
(bentuk, keistimewaan, mutu kesesuaian dan gaya) terhadap brand awareness
digunakan analisis regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa diferensiasi produk secara simultan
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness konsumen
Mochilok, Kopi Panggang, Steak Ranjang dan Mie Reman sebesar 24,80% dan
75,20% dipengaruhi oleh faktor lain. Secara parsial variabel bentuk mempunyai
kontribusi sebesar 1,26%, keistimewaan mempunyai kontribusi sebesar 3,20%
dan gaya mempunyai kontribusi sebesar 3,13% sehingga ketiga variabel ini tidak
mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand awareness sedangkan variabel
mutu kesesuaian mempunyai kontribusi sebesar 17,33% sehingga mempunyai
pengaruh signifikan terhadap brand awareness.
No copy data
No other version available