Text
T249- Kajian Pustaka Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Klinik dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Yuliandani; Irma Melyani P, M.T., Ph.D; Sofa Dewi Alfian, M.KM., Ph.D)
Kualitas pelayanan diukur untuk menilai konsistensi pelayanan medis yang diberikan agar memenuhi harapan pasien. Artikel ini memberikan gambaran tentang kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi klinik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pencarian literatur melalui basis data MEDLINE dan EBSCO dilakukan dengan kata kunci “kepuasan pasien”, “pelayanan kefarmasian”, “pelayanan farmasi rumah sakit”, dan “pelayanan farmasi klinik”. Kriteria inklusi artikel adalah artikel asli, full paper, artikel berbahasa Inggris, dan terbit tahun 2011-2021. Sebanyak 25 artikel dari 1.118 artikel membahas kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi klinik seperti konseling, pemantauan terapi obat, program dukungan pasien, dan pharmaceutical care. Secara umum, pasien merasa puas dengan pelayanan farmasi klinik seperti konseling, pemantauan terapi obat, program dukungan pasien, dan pharmaceutical care. Faktor yang paling berpengaruh terhadap pelayanan farmasi klinik adalah kualitas pelayanan kefarmasian, kenyamanan, kemudahan informasi dan kepercayaan pasien terhadap kompetensi apoteker. Apoteker harus membekali diri dengan pengetahuan dan kompetensi yang sesuai dalam pelayanan farmasi klinik untuk kepentingan pasiennya. Manuskrip kajian pustaka dari tesis yang berjudul “Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Klinik dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya: Sebuah Literature Review” ini telah dikirimkan ke jurnal terindeks Scopus Q-3, Pharmacia, pada tanggal 08 Januari 2022, pada laman https://pharmacia.pensoft.net. dengan status “review round 1”
Kata Kunci: konseling, pemantauan terapi obat, perawatan kefarmasian, program dukungan pasien
No copy data
No other version available