Text
Persepsi Konsumen Atas Peran Apoteker Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Di Bandung
Pelayanan kesehatan yang optimal akan didapatkan apabila peran tenaga kesehatan dalam menjalankan tugasnya pun baik, termasuk Apoteker. Untuk mengetahui seberapa jauhnya peran apoteker dilakukan, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen atas peran apoteker dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Penelitian survey belah lintang ini dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin. Kota Bandung, dengan melibatkan 255 orang pasien yang menggunakan JKN dan 120 orang tenaga kesehatan yang melayani program JKN sebagai responden. Data dianalisis secara deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi, dan inferensial dengan uji statistik Chi Square. Persepsi konsumen internal atas peran apoteker dalam pelaksanaan JKN yaitu 43.33% tenaga kesehatan memiliki persepsi baik, 25% tenaga kesehatan memiliki persepsi cukup baik, dan 31.66% memiliki persepsi kurang baik, persepsi konsumen eksternal yaitu 76.86% pasien memiliki persepsi baik, 21.57% pasien memiliki persepsi cukup dan 1,57% memiliki persepsi kurang baik. Karakteristik konsumen internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi atas peran apoteker dalam pelaksanaan JKN, yaitu jenis kelamin dan pekerjaan, sedangkan konsumen eksternal, yaitu jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan penggunaan asuransi sebelum JKN.
Kata kunci: Persepsi, Konsumen, Peran Apoteker, Jaminan Kesehatan Nasional
No copy data
No other version available