Text
Revitalisasi Manajemen Sediaan Farmasi Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Farmasi Rawat Jalan Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Bandung
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen sediaan farmasi terhadap kepuasan pelanggan dan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Jenis penelitian secara cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei dengan alat pengumpul data berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik Partial Least Square (PLS). Hasilnya menunjukkan bahwa dimensi yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan, yaitu organizing dan actuating. Secara kuantitatif juga dinilai kepuasan pelanggan dengan hasil puas (75,1%) terhadap manajemen sediaan farmasi di rumah sakit A. Pendekatan kualitatif menggunakan metode interviu dengan alat pengumpul data berupa wawancara kepada kepala instalasi farmasi rumah sakit serta kepala unit pelayanan farmasi rawat jalan dan gudang farmasi. Hasilnya yaitu manajemen sediaan farmasi di rumah sakit A sudah sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, tetapi masih perlu adanya perbaikan - perbaikan di setiap kegiatan manajemen sediaan farmasi. Oleh karena itu, perlu adanya revitalisasi manajemen sediaan farmasi sebagai upaya peningkatan kepuasan pelanggan.
Kata kunci : revitalisasi, manajemen sediaan farmasi, dan kepuasan pelanggan
No copy data
No other version available