Text
Pengaruh Karakteristik Konsumen, Sistem Sosial, Sistem Komunikasi dan Karakteristik Herbal Terhadap Keputusan Pembelian Obat Bahan Alam
Masyarakat desa Jatiroke menggunakan obat bahan alam, salah satunya jamu, sebagai swamedikasi dan juga untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaan dan pembelian obat bahan alam, sehingga perlu dilakukan penelitian dengan maksud mendeskripsikan, menjelaskan, memahami dan mengubah presepsi mengenai penggunaan obat bahan alam tersebut.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil penggunaan obat bahan alam dan keputusan pembelian di daerah tersebut. Metode yang digunakan adalah survey kepada 150 responden dengan penyebaran secara langsung. Analisis dengan menggunakan salah satu metode Structure Equation Modelling (SEM) yaitu Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukan bahwa di Desa Jatiroke 70% masyarakat menggunakan jamu, 20% menggunakan obat herbal terstandar dan 1,3% menggunakan fitofarmaka serta menjawab hipotesis bahwa system social dan karakteristik herbal lebih berpengaruh signifikan terhadap penggunaan dan keputusan pembelian obat bahan alam dibandingkan dengan karakteristik konsumen dan system komunikasi. Kesimpulan penelitian ini bahwa responden sudah banyak yang menggunakan dan membeli obat bahan alam dan hanya variable system social dan karakteristik herbal yang berpengaruh positif terhadap penggunaan dan pembelian obat bahan alam.
Kata kunci: Karakteristik konsumen, sistemsosial, sistemkomunikasi, karakteristik herbal, keputusan pembelian.
No copy data
No other version available