Text
Pengaruh Kredibilitas Sumber Informasi dan Keterlibatan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Mediasi Keputusan Pembelian Obat Non Resep
Dalam rangka menekan biaya kesehatan yang tinggi, masyarakat Indonesia melakukan swamedikasi dengan salah satunya membeli obat yang dapat dibeli tanpa melalui resep dokter. Masyarakat Indonesia dalam memilih obat non resep yang sesuai terhadap indikasi, perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya yang tidak memihak, karena konsumen cenderung tidak mengetahui zat aktif dari obat tersebut. Sehingga konsumen dituntut untuk cermat dalam memilih obat sebelum dikonsumsi, guna tercapainya harapan kesembuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur pengaruh dari Kredibilitas sumber informasi (I) dan Keterlibatan konsumen (K) terhadap Kepuasan konsumen (S) dengan mediasi Keputusan pembelian obat non resep (P). Penelitian ini menggunakan metode Structure Equation Modeling (SEM) dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah mengkonsumsi obat non-resep. Dimana dalam proses analisisnya digunakan Partial Least Square (PLS) di dalam SEM yang merupakan model statistik yang memberikan perkiraan perhitungan kekuatan hubungan hipotesis di antara variabel dalam sebuah model teoritis. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal yang menjawab hipotesis, yaitu P menunjukkan peran sebagai mediator antara I dan K terhadap S, sedangkan hubungan antara I dan K terhadap P menunjukkan pengaruh positif.
Kata kunci : Obat non resep, Kredibilitas sumber informasi, Keterlibatan konsumen, Keputusan pembelian, Kepuasan konsumen
No copy data
No other version available