Text
Analisis Kapasitas Organisasi Sekolah Indinesia Kota Kinabalu Dalam Pengelolaan Pendidikan Dasar 9 Tahun Di Sabah
Judul penelitian ini adalah Kapasitas Organisasi Sekolah Indonesia Kota
Kinabalu dalam Pengelolaan Pendidikan Dasar 9 Tahun di Sabah (Studi di Kota
Kinabalu, Pantai Barat, dan Keningau). Amanat yang tercantum dalam
pembukaan UUD 1945 yang salah satu tujuannya menyebut “ mencerdaskan
kehidupan bangsa ”. Sampai tahun 2010 sekolah yang masih aktif dan beroperasi
ada 14 SILN (Sekolah Indonesia Luar Negeri), Salah satunya melalui pendirian
Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Komitmen untuk memberikan
pelayanan pendidikan bagi anak-anak WNI usia sekolah di Sabah.
Dalam rangka melaksanakan kegiatan operasionalnya, dana yang
diterima dan dikelola SIKK untuk memberikan layanan pendidikan di Sabah dan
Sarawak cukup besar. Manajemen organisasi SIKK tidak lagi diperuntukan hanya
untuk satu sekolah yang ada, namun mengakomodir seluruh cabang-cabang
sekolah yang ada (CLC). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka pertanyaan
penelitian ini adalah Bagaimanakah Kapasitas Organisasi Sekolah Indonesia Kota
Kinabalu dalam pengelolaan Pendidikan Dasar 9 Tahun di Sabah (Studi di Kota
Kinabalu, Pantai Barat dan Keningau)
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah aspek kapasitas
organisasi oleh Charles Lusthaus (Strategic Leadership, Organizational Structure,
Human Resources Management, Financial Management, Infrastructure, Program
Management, Process Management, dan Inter organizational linkage). Metode
yang digunakan adalah kualitatif. metode penelitian ini dipilih dan dianggap tepat
untuk meneliti kapasitas organisasi Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dalam
pengelolaan pendidikan dasar 9 tahun di Sabah didasarkan atas pertimbangan
bahwa pendekatan ini relevan dan cocok dengan masalah penelitian yang melalui
interprestasi proses dan makna pada kapasitas organisasi Sekolah Indonesia Kota
Kinabalu. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam
ke beberapa informan yang dipilih berdasarkan kebutuhan penelitian.
Dari hasil penelitian menunjukkan, temuan pokok dan pembahasan
Strategic Leadership, Organizational Structure, Human Resources Management,
Financial Management, Infrastructure, Program Management, Process
Management, dan Inter organizational linkage sebagai berikut : struktur
koordinator penghubung perlu mendapat perhatian, dan sarana prasarana dengan
standar yang ada di Indonesia atau lebih, cukup sulit di implementasikan karena
keberadaannya SIKK di luar negeri, keberadaan dua sampai empat guru dengan
jumlah murid sampai dua ratusan, sehingga guru tidak hanya mengurus keuangan,
tetapi juga dapodik dan lain sebagainya. Berdasarkan temuan-temuan tersebut,
peneliti memperoleh konsep baru dalam Kapasitas Organisasi Sekolah Indonesia
Kota Kinabalu dalam Pengelolaan Pendidikan Dasar 9 Tahun di Sabah (Studi di
Kota Kinabalu, Pantai Barat, dan Keningau) perlu memperhatikan “Synergi
(Sinergi)”, bahwa Sekolah Indonesia Kota Kinabalu harus memiliki sinergi yang
kuat antar bagian di dalam SIKK dan adanya kebijakan infrastruktur dalam
pengelolaan pendidikan dasar 9 tahun di Sabah.
Kata Kunci: Kapasitas, Organisasi, SIKK
No copy data
No other version available