Text
Membangun Model Bisnis Dalam Meningkatkan Nilai Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Studi Pada Unit Bisnis Badan Usaha Milik Daerah Provinsi Jawa Barat
Abstrak
Terdapat indikasi adanya kelemahan dalam nilai perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berupa laba. Hal ini terkait dengan permasalahan dalam model bisnis yang diterapkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis serta menemukan komponen-komponen yang dominan dalam merefleksikan model bisnis pada unit bisnis di BUMD dengan menggunakan alat uji analisis factor, dan untuk mencari tingkat pengaruh model bisnis terhadap nilai perusahaan.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dan verifikatif. Unit observasi adalah pemangku kepentingan yang terkait dengan pembentukan model bisnis pada unit bisnis di BUMD. Populasi adalah pada unit bisnis di BUMD Provinsi Jawa Barat yang berjumlah 34 unit bisnis. Analisis Faktor dan Partial Least Square (PLS) digunakan sebagai alat analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapabilitas perusahaan, budaya perusahaan, sumber daya perusahaan, kemitraan bisnis, manajemen operasi, inovasi produk dan harga produk mampu merefleksikan model bisnis pada unit bisnis di BUMD Provinsi Jawa Barat. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa model bisnis berpengaruh sebesar 61% terhadap nilai perusahaan. Inovasi produk merupakan faktor dengan bobot paling dominan yang merefleksikan Model Bisnis dalam meningkatkan Nilai Perusahaan dengan bobot sebesar 77.2%.
Kata Kunci : model bisnis, nilai perusahaan, badan usaha milik daerah, BUMD.
Abstract
There are indications of weakness in the Company Value of Regional-Owned Enterprise (BUMD) in the form of profit. This is related to the problem of the business model applied. Based on this background, this research aims to analyze and to find the dominant components in reflecting the business model in the BUMD business unit using Factor Analysis examination tools, and to find the influence of the business model to the Company Value.
This research is including the descriptive and verification research. The unit of observation is stakeholders which associated with the business model establishment in the BUMD business unit. The population is the BUMD business unit in Jawa Barat province amounting to 34 business unit. The Factor Analysis and Partial Least Square (PLS) were used as the analysis tools.
The results of the research showed that the company’s capabilities, company’s cultures, company’s resources, business partnership, operational management, product innovation and product prices were able in reflecting the business model of BUMD business unit in Jawa Barat province. The results of the test also showed that the business model was affecting of 61% on the Company Value. The product innovation is a factor with most dominant weight which reflects the Business Model in increasing the Company Value with a weight of 77.2%.
Keywords: business model, company value, regional-owned enterprise, BUMD
No copy data
No other version available